Hindari menggunakan masker bedah berkali-kali dan dibolak-balik. Cukup sekali digunakan lalu buang dan ganti baru. (Foto: Ani Kolleshi/Unsplash.com)
Hindari menggunakan masker bedah berkali-kali dan dibolak-balik. Cukup sekali digunakan lalu buang dan ganti baru. (Foto: Ani Kolleshi/Unsplash.com)

Cara Pakai dan Lepas Masker yang Tepat

Rona Virus Korona Coronavirus virus corona masker bedah
Kumara Anggita • 11 Februari 2020 11:22
Jakarta: Walaupun Anda sudah sering pakai masker, belum tentu Anda menggunakan dan melepasnya dengan benar. Kesalahan dalam menggunakan dan melepas masker bisa membuat usaha Anda untuk memproteksi diri dari penyakit sia-sia.
 
Berdasarkan rekomendasi WHO, sebelum Anda menggunakan masker pastikan tangan dalam keadaan higienis. Anda bisa menggunakan alkohol atau mencucinya dengan sabun dan air mengalir.
 
Selanjutnya, tutup bagian hidung, mulut, dan pipi Anda sampai tidak ada celah antara wajah dan juga masker Anda. Letakan tali di kuping Anda dengan benar atau ikat tali tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Harus menempatkan garis besi di atas masker. Letakan bagian itu di hidung Anda. Amankan karet pengait makser di kuping. Pastikan masker ini menutup hidung, pipi, dan mulut Anda,” ujar Consultant, Infection Prevention and Control WHO HQ, Christine Francis dalam sebuah video.
 
Cara Pakai dan Lepas Masker yang Tepat
(Hindari menggunakan masker bedah berkali-kali dan dibolak-balik. Jangan memegang bagian tengah dekat hidung, capitkan ke belakang kuping bagian karetnya. Cukup sekali digunakan lalu buang dan ganti baru. Foto: Dok. WHO)
 
Saat masker menempel di wajah Anda, jangan sentuh-sentuh permukaan depan. Kalau sudah terlanjut, langsung cuci tangan Anda dengan alkohol atau sabun dan air.
 
Bila masker dalam keadaan lembap, jangan ragu untuk langsung menggantinya dengan yang baru. Jangan pernah pakai masker lebih dari sekali. Langsung buang masker yang sudah tak terpakai.
 
Dan untuk melepaskannya, mulailah dari belakang (jangan menyentuh bagian depan masker). Segera bersihkan di tempat sampah yang tertutup. Bersihkan tangan dengan sabun atau air berbasis alkohol.
 
Masker tidak efektif melindungi Anda jika dipakai sendiri. Karena itu, pastikan Anda mengombinasikannya dengan prosedur kesehatan yang lain dan tentunya menjaga higienitas adalah hal yang utama.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif