Vulva adalah salah satu bagian anatomi organ genital wanita bagian luar. (Foto Ilustrasi: THE Collab)
Vulva adalah salah satu bagian anatomi organ genital wanita bagian luar. (Foto Ilustrasi: THE Collab)

Tujuh Hal yang Perlu diketahui tentang Vulva

Rona kesehatan
Anda Nurlaila • 02 Juni 2019 18:15
Jakarta: Vulva adalah salah satu bagian anatomi organ genital wanita bagian luar. Salah satu kekeliruan yang sering terjadi adalah menyamakan vulva dengan vagina.
 
Asisten profesor kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Yale School of Medicine Amanda Kallen, mengatakan ada beberapa fakta soal vulva yang perlu diketahui.

-Vulva tidak sama dengan vagina

Vulva bukan vagina. Vulva mencakup semua bagian genital wanita eksternal yakni labia mayora dan minora, lubang vagina dan uretra, dan klitoris, mons pubis, dan anus.
 
"Vagina adalah bagian saluran internal reproduksi wanita. Saluran atau tabung otot ini menghubungkan serviks. Pada dasarnya, apa pun yang berada di luar tubuh tetapi di dalam lipatan labia major adalah vulva," kata Dr. Kallen kepada Health.

-Vulva memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan warna

Tidak ada ukuran standar vulva baik dalam ukuran, bentuk atau warna yang ideal dan sempurna. Tetapi, Kallen menyebut, bagian dasarnya yaitu labia dan klitoris sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan dua sisi vulva dapat berbeda. Salah satunya dapat lebih besar atau kecil dari yang lain. Atau lebih gelap atau lebih terang daripada yang lain.
 
"Semuanya normal. Jangan pernah membandingkan diri dengan yang Anda lihat di internet." kata Kallen.

-Vulva bisa berubah setelah kehamilan dan persalinan

Setelah melahirkan vulva dapat berubah bentuk maupun ukuran. Persalinan pervaginam juga meregangkan labia minora, lipatan dalam yang lebih kecil yang terletak di dalam labia majora.
 
"Hormon kehamilan dapat mengubah ukuran dan bentuk vulva. Labia bisa menjadi gelap dan bengkak," kata Dr. Kallen.

-Thong tidak selalu sehat untuk vulva

Jika rentan mengalami iritasi, hindari memakai thong. Celana dalam yang nyaman dari katun akan membuat area vulva terlindungi dan nyaman. Celana dalam ketat bisa meningkatkan kelembaban.

-Cara terbaik menghilangkan rambut

Mencukur rambut kemaluan dapat menyebabkan gatal dan rambut yang tumbuh seperti berduri. Wanita yang sering mengalami iritasi pada folikel rambut mungkin ingin mempertimbangkan metode lain.
 
"Mencukur juga dapat menyebabkan luka bakar, luka, dan kadang-kadang infeksi," tambah Dr Kallen.
 
Krim penghilang rambut dapat bekerja dengan baik jika digunakan dengan benar. Sementara waxing yang dapat menghilangkan rambut dari akarnya walaupun menyakitkan.

-Kondisi vulva dapat menunjukkan kesehatan

Gumpalan, benjolan dan luka pada vulva harus diperhatikan serius. Infeksi menular seksual seperti herpes genital dan human papillomavirus (HPV) dapat menyebabkan luka pada jaringan vulva.
 
Gejala kanker vulva, salah satu jenis kanker yang langka di antaranya benjolan di vulva, gatal vulva, dan perubahan pada kulit vulva. Jika melihat ada pertumbuhan atau luka di vulva, kunjungi dokter.


-Bentuk vulva dapat diubah tapi tidak dianjurkan

Banyak wanita yang ingin memperbaiki tampilan vulva melalui prosedur bedah kosmetik, namun dianjurkan. American College of Obstetricians dan Gynecologists memperingatkan prosedur vaginoplasty dan operasi lain yang dilakukan untuk mengubah penampilan vagina atau labia dapat menyebabkan komplikasi.
 
"Pembedahan sebaiknya dilakukan mengoreksi masalah medis seperti cacat bawaan, infeksi, penyakit atau kondisi tertentu, atau gejala persisten yang disebabkan oleh anatomi labial," kata Dr Kallen.
 
Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif