Orang tidak percaya diri mencoba untuk membuat Anda jadi tidak percaya diri juga. (Foto: Pexels.com)
Orang tidak percaya diri mencoba untuk membuat Anda jadi tidak percaya diri juga. (Foto: Pexels.com)

Empat Ciri Orang Tidak 'PD'

Rona kesehatan psikologi
Kumara Anggita • 18 April 2019 11:57
Anda sering merasa rendah diri dan timbul rasa tak percaya diri. Kini lihat lagi, apakah itu tampil dari dalam diri Anda, atau itu merupakan pancaran yang berikan dari lingkungan sekitar Anda. Jika rasa tak PD hanya muncul di sekitar orang tertentu, kemungkinan ketidakpercayaan diri tersebut muncul dari orang tersebut, tapi dia memproyeksikan pada diri Anda.
 

 
Jakarta:
Pada suatu masa Anda merasa tidak ada yang salah dengan diri Anda. Namun setelah bersama atau berinteraksi dengan seseorang, Anda jadi mulai mempertanyakan apakah diri Anda sudah cukup baik, sukses atau hebat. Orang tidak percaya diri mencoba untuk membuat Anda jadi tidak percaya diri juga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hati-hati, bisa jadi permasalahan bukan pada diri Anda, namun orang di sekitar Anda. Dilansir dari Psychology Today ada beberapa ciri yang bisa Anda kenali:

1. Orang lain membuat Anda tak 'PD'

Orang tidak percaya diri mencoba untuk membuat Anda jadi tidak percaya diri juga. Coba perhatikan pancaran apa yang diberikan oleh orang-orang tertentu. Apakah setelah menghabiskan waktu dengannya, Anda jadi mulai mempetanyakan diri Anda?
 
Misalnya seperti 'saya belum sebaik dia', 'saya belum sesukses dia', atau 'saya tidak sekaya dia.' Apakah dia juga selalu pamer sesuatu?
 
Jika jawabannya iya, dan perasaan ini hanya muncul di sekitar orang tertentu, kemungkinan ketidakpercayaan diri tersebut muncul dari orang tersebut namun dia memproyeksikan pada diri Anda.
 
(Baca juga: Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Lebih Tinggi)
 
Empat Ciri Orang Tidak 'PD'
(Orang tidak percaya diri mencoba untuk membuat Anda jadi tidak percaya diri juga. Foto: Pexels.com)

2. Orang tidak percaya diri terus menunjukan prestasinya

Melihat pencapaian-pencapaian seseorang terkadang membuat diri menjadi kecil. Namun, coba perhatikan apakah pencapaian-pencapaian yang Anda simak itu muncul hasil dari pamernya dia dan dikeluarkan dalam waktu yang kurang tepat?  
 
Orang yang terus-menerus membual tentang gaya hidup yang ‘wah’, pendidikan, dan anak-anak mereka biasanya melakukan ini untuk meyakinkan diri mereka bahwa mereka betul-betul berharga.

3. Orang tidak percaya diri sering mengeluh

Keluhan yang terkesan menghina diri muncul dari orang-orang yang memiliki kepercayaan diri yang rendah. Ketika teman Anda sering mengeluh dalam sosial media bahwa dia harus mengambil banyak perjalanan (karena pentingnya pekerjaanya), belum tentu itu murni sebagai sebuah keluhan. Bisa jadi itu bagian dari keriaannya saja.

4. Sering mengeluh hal-hal tidak cukup baik buatnya

Orang degan kepercayaan diri rendah memiliki standar yang tinggi. Misalnya, “Saya hanya bisa makan di restoran-restoran kelas atas”.
 
Standar tinggi ini adalah cara untuk menegaskan bahwa mereka tidak hanya lebih baik daripada orang lain, tetapi bahwa mereka berpegang pada seperangkat kriteria penilaian diri yang lebih ketat.
 
Jika Anda merasa bahwa orang di sekitar Anda memiliki kriteria semacam ini maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Permasalahannya bukan pada diri Anda yang kurang dalam segala hal, namun lebih pada mereka yang secara sadar atau tidak sadar menularkan rasa tidak percaya diri yang tidak membuatnya nyaman.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif