Rencana makan yang baik dan seimbang bisa dipenuhi dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran, produk susu rendah lemak, banyak cairan, minyak yang lebih sehat, protein yang baik, dan biji-bijian. (Ilustrasi/pexels)
Rencana makan yang baik dan seimbang bisa dipenuhi dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran, produk susu rendah lemak, banyak cairan, minyak yang lebih sehat, protein yang baik, dan biji-bijian. (Ilustrasi/pexels)

Temukan Kandungan Vitamin dalam Makanan

Rona kalsium vitamin vitamin c vitamin D
Sunnaholomi Halakrispen • 23 Mei 2020 13:02
Jakarta: Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang Anda butuhkan bukan dengan berbelanja di toko obat setempat. Melainkan, dari makanan yang menyehatkan yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.
 
Rencana makan yang baik dan seimbang bisa dipenuhi dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran, produk susu rendah lemak, banyak cairan, minyak yang lebih sehat, protein yang baik, dan biji-bijian. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami.
 
Pertama, Anda bisa menemukan di dalam makanan maupun di dalam suplemen, tentang kandungan yang baik untuk tubuh. Berikut penjelasan detailnya, dikutip dari WebMD.

1. Kalsium

"Seharusnya tidak ada alasan orang kekurangan kalsium," kata Angel Planells, ahli diet dari Seattle. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kalsium dikenal karena perannya dalam membuat tulang Anda lebih kuat. Kalsium bisa ditemukan dalam produk susu, seperti susu dan yogurt. Wanita, terutama mereka yang cenderung menderita osteoporosis, mungkin berpikir untuk mengambil suplemen kalsium. Tetapi, hal itu belum tentu benar, karena Anda justru harus membicarakannya dengan dokter terlebih dahulu.

2. Vitamin D

Nutrisi ini bisa dibuat oleh tubuh dari pancaran sinar matahari yang terserap, membantu Anda mengonsumsi kalsium dan fosfor, maka merupakan kunci untuk tulang dan gigi yang sehat. Sementara itu, orang dewasa yang lebih tua tidak selalu berjemur, maka suplemen dapat menjadi solusi untuk mengurangi kemungkinan Anda mengalami pengeroposan dan patah tulang.

3. Vitamin B12

Ini penting untuk menjaga sel darah dan sel saraf tetap sehat. Penuaan memengaruhi seberapa baik Anda menerima dan menggunakan B12 dari makanan. Jika Anda berusia di atas 50 tahun, Anda bisa mendapatkan B12 dari suplemen seperti sereal, dan mengonsumsi makanan yang diperkaya B12, seperti daging, susu rendah lemak, dan ikan.


4. Folat

Ini bisa membantu mencegah terjadinya anemia. Sejumlah makanan yang diperkaya oleh folat ialah ayam, kacang-kacangan, kacang polong, jeruk, sereal, dan beberapa roti yang mengandung folat.

5. B6

Ini membantu metabolisme dan sistem kekebalan tubuh Anda. Anda bisa mendapatkannya di dalam sereal yang diperkaya dengan B6 dan dengan mengonsumsi produk kedelai, serta daging organ dan biji-bijian.
 
Hal kedua yang perlu diketahui, ialah tubuh Anda juga membutuhkan kandungan baik selain lima hal tersebut. Berikut yang mungkin juga Anda butuhkan.

1. Vitamin C

Jeruk, kan? Selain jeruk, vitamin C juga bisa ditemukan di dalam paprika merah dan hijau, kemudian sayuran dan buah-buahan lainnya. Vitamin C dapat membantu melindungi Anda dari katarak, membantu penyembuhan luka, dan menurunkan kemungkinan Anda terkena jenis kanker tertentu.

2. Magnesium

Magnesium bisa membantu menjaga tekanan darah dan menstabilkan kadar gula darah. Ini juga baik untuk tulang. Anda bisa mendapatkannya dari kacang, bayam, dan produk susu. Akan tetapi, para ahli tidak yakin seberapa baik kerjanya saat dikemas menjadi suplemen.

3. Probiotik

Kesehatan usus juga sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh Anda. Beberapa studi menunjukkan bahwa probiotik, organisme hidup seperti yang ditemukan dalam yogurt, bisa membantu mencegah beberapa jenis diare dan mengurangi gejala sindrom iritasi usus.

4. Minyak ikan

The American Heart Association merekomendasikan setidaknya konsumsi dua porsi salmon seminggu dan jenis ikan lainnya yang mengandung asam lemak omega-3. Omega-3 juga dapat membantu orang yang memiliki gejala rheumatoid arthritis. Namun, dalam bentuk suplemen, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa minyak ikan efektif melindungi tubuh dari penyakit jantung. 
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif