Masalah atau gangguan kulit yang dapat menyebabkan sakit saat berhubungan seks. (Foto: Pexels.com)
Masalah atau gangguan kulit yang dapat menyebabkan sakit saat berhubungan seks. (Foto: Pexels.com)

Penyebab Pria Alami Sakit Saat Bercinta

Rona gaya seks dan kesehatan
Torie Natalova • 28 Oktober 2019 20:28
Jakarta: Tidak hanya wanita yang sering mengalami sakit atau nyeri saat berhubungan seks, pria juga ternyata dapat mengalami sakit saat berhubungan seksual. Sakit pada pria saat berhubungan seks, bisa disebabkan oleh masalah kulit.
 
Masalah atau gangguan kulit yang dapat menyebabkan sakit saat berhubungan seks pada pria seperti eksem atau psoriasis.
 
Selain itu, sariawan atau jamur yang dialami pasangan perempuan juga dapat menyebabkan sakit. Benang IUD atau salah posisi IUD dalam vagina juga bisa menyebabkan sakit saat berhubungan seks.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyebab lain sakit saat berhubungan seks pada pria yakni penyakit Peyronie yang merupakan gangguan pada pria sehingga membuat pembengkokan pada alat kelamin pria.
 
Seks yang menyakitkan atau secara medis disebut dispareunia, memengaruhi sekitar 30 persen wanita dan 7 persen pria. Kondisi dispareunia dapat memburuk baik pada pria maupun wanita karena mereka sering kali malu melaporkan ketidaknyamanan saat bercinta.
 
Wanita yang mengalami nyeri berulang selama atau setelah berhubungan seks, sebaiknya segera menghubungi dokter. Ada dua bagian yang sering dirasa sakit ketika berhubungan seks pada wanita.

- Nyeri terasa di vagina

Adapun beberapa pemicu rasa sakit pada vagina selama berhubungan intim yaitu menopause yang dapat mengubah kadar hormon sehingga vagina menjadi kering, menurunnya gairah seksual, penyakit vaginismus, iritasi genital atau alergi.

- Nyeri terasa di panggul

Beberapa pemicu sakit terasa di dalam panggul yakni penyakit radang panggul, endometriosis, fibroid, sembelit, sindrom iritasi usus.
 
Beberapa kondisi yang berkaitan dengan sakit saat berhubungan seksual pada wanita seperti berikut ini:
 
Penyebab Pria Alami Sakit Saat Bercinta
(Penyebab lain sakit saat berhubungan seks pada pria yakni penyakit Peyronie yang merupakan gangguan pada pria sehingga membuat pembengkokan pada alat kelamin pria. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

1. Vaginitis

Ini adalah peradangan pada vagina yang disebabkan oleh infeksi atau alergi terhadap produk kewanitaan.

2. Vaginismus

Ini adalah suatu kondisi di mana otot-otot vagina wanita tegang tanpa Anda sadari. Kejang ini sering kali sangat menyakitkan sehingga sulit bagi kelamin pria untuk masuk ke dalam vagina.

3. Endometriosis

Ini adalah kondisi di mana jaringan yang berperilaku seperti lapisan rahim ditemukan di luar rahim. Hal ini dapat menyebabkan nyeri haid yang parah dan melemahkan, yang juga membuat hubungan seksual menjadi sangat menyakitkan.

4. Vulvodynia

Kondisi ini membuat rasa tidak nyaman yang parah atau sakit di bagian vulva, bagian luar alat kelamin wanita.

5. Dermatitis kontak

Ini adalah radang kulit yang dihasilkan dari kontak dengan zat eksternal dengan kulit. Biasanya terjadi melalui iritasi atau alergi dan dapat membuat sakit saat berhubungan seks.

6. Penyakit radang panggul

Ini adalah infeksi yang menyebar dari vagina melalui leher rahim, rahim dan ke tuba falopi yang membuatnya meradang. Ini membuat penetrasi seksual sangat menyakitkan.

7. Ukuran alat kelamin

Jika Anda atau pasangan memiliki ukuran vagina kecil atau genital pria besar, dan Anda merasa tidak nyaman, cobalah untuk rileks. Selama bergairah, vagina dapat melebar beberapa inci sehingga dapat mengakomodasi ukuran genital pria.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif