Saat mabuk adalah saat tubuh Anda memberikan reaksi, sejalan dengan otak yang telah terganggu. (Foto: Pexels.com)
Saat mabuk adalah saat tubuh Anda memberikan reaksi, sejalan dengan otak yang telah terganggu. (Foto: Pexels.com)

Ini yang Terjadi Saat Anda Mabuk

Rona kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 24 April 2019 19:58
Saat mabuk adalah saat tubuh Anda memberikan reaksi, sejalan dengan otak yang telah terganggu. Hal tersebut pun terjadi tanpa Anda sadari dan tentunya tidak bisa Anda kelola. Dr. Edwin Jim, SpPD-KPTI menerangkan bahwa alkohol akan mengganggu sistem saraf pusat atau otak, sehingga pola pikir dan perilaku berubah.
 

 
Jakarta:
Menikmati setengah gelas minuman beralkohol di beberapa negara bercuaca dingin kabarnya bermanfaat menghangatkan tubuh. Akan tetapi, pada beberapa orang minuman beralkohol bisa mengakibatkan perilaku yang tidak normal. Ini sering kita sebut mabuk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bentuk mabuk bisa bermacam-macam. Ada yang cenderung berbicara tiada henti, ada yang marah-marah, bahkan ada juga yang diam. Sesuatu yang terbilang rumit terjadi pada tubuh ketika Anda mabuk karena alkohol.
 
"Alkohol akan mengganggu sistem saraf pusat atau otak, sehingga pola pikir dan perilaku berubah. Jika mabuk berat maka orang akan tidak sadar," ujar dr. Edwin Jim, SpPD-KPTI dari Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta kepada Medcom.id.
 
Tubuh Anda memberikan reaksi, sejalan dengan otak yang telah terganggu. Hal tersebut pun terjadi tanpa Anda sadari dan tentunya tidak bisa Anda kelola.
 
Ia menambahkan, mengonsumsi minuman beralkohol dalam porsi banyak atau berlebih berpengaruh pada kesehatan. Bahkan, berisiko mengidap penyakit parah.
 
"Penggunaan alkohol jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan hati atau liver," tuturnya.
 
(Baca juga: Terapi untuk Atasi Mabuk Perjalanan)
 
Ini yang Terjadi Saat Anda Mabuk
(Mengonsumsi minuman beralkohol dalam porsi banyak atau berlebih berpengaruh pada kesehatan. Bahkan, berisiko mengidap penyakit parah. Foto: Pexels.com)

Efek mabuk

Lebih lanjut, dalam sebuah studi dijelaskan bahwa ada bukti tentang efek langsung dari mabuk alkohol. Penyalahgunaan alkohol membunuh sebanyak mungkin orang di seluruh dunia, seperti halnya tembakau dan tekanan darah tinggi.
 
Para peneliti meyakini bahwa langkah-langkah pengendalian alkohol yang populer, seperti program pantang minum alkohol di sekolah, mungkin bisa berpengaruh. Tetapi, terbukti tidak efektif.
 
"Program-program ini dapat mengurangi minum dalam jangka pendek, tetapi dalam dua atau tiga tahun mereka tidak memiliki efek nyata," kata peneliti studi Robin Room, PhD, dikutip dari WebMD.
 
Tidak asal memberikan pernyataan, hal tersebut telah ditunjukkan dalam penelitian demi penelitian. Room dan rekannya melaporkan bahwa alkohol bertanggung jawab atas empat persen penyakit di seluruh dunia, berkontribusi pada lebih dari 60 kondisi medis yang berbeda.
 
Mungkin Anda pernah menerima, membaca, atau mendengar informasi tentang manfaat dari minum alkohol bagi kesehatan. Tetapi, kata Room, kebanyakan orang minum lebih dari yang mereka butuhkan (sehingga membuat mabuk). Dan ini merupakan suatu hal yang berlebihan serta menimbulkan mabuk.
 
"Salah satu hal khusus tentang alkohol adalah Anda dapat memperoleh manfaat darinya dan juga dirugikan olehnya, atau merugikan orang lain, pada saat yang sama," tutur Room.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif