Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Apakah Wajar Mengantuk setelah Berolahraga?

Rona olahraga
Kumara Anggita • 30 Juni 2020 16:25
Jakarta: Aktivitas fisik biasanya membuat kita jadi lebih berenergi. Hal itu karena olahraga meningkatkan detak jantung, aliran darah, dan membuat Anda merasa terjaga.
 
Namun mengapa melakukan aktivitas fisik cenderung menghasilkan beberapa akibat. Seperti merasa lelah dan ingin tidur saja. Apakah ini normal? Berikut penjelasannya yang dilansir dari Healthline.
 
Secara umum, merasa mengantuk setelah berolahraga bukan sesuatu yang perlu Anda khawatirkan. Hal ini normal karena Anda telah memaksakan diri secara fisik. Perasaan ingin tidur ini lebih mungkin terjadi setelah latihan intensif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, olahraga ringan seperti jalan santai mungkin tidak akan membuat Anda lelah. Namun, setiap orang memiliki dampak yang berbeda.
 
Energi Anda setelah berolahraga tergantung pada banyak faktor seperti:
-Tingkat kebugaran Anda
-Diet Anda
-Tingkat hidrasi Anda
-Jenis latihan
-Durasi, intensitas, dan frekuensi latihan

Kaitan mengantuk setelah olahraga

Mengantuk pasca latihan disebabkan oleh respons alami tubuh terhadap aktivitas fisik. Saat Anda berolahraga, otot berulang kali berkontraksi.
 
Ada adenosin trifosfat (ATP) untuk menghasilkan kontraksi ini. ATP adalah molekul yang menyediakan energi untuk sel-sel Anda.
 
Level ATP Anda berkurang saat Anda terus berolahraga. Ini mengurangi kemampuan otot Anda untuk berfungsi, mengakibatkan kelelahan otot. Ragam efek ini dikenal sebagai kelelahan perifer.
 
Selain itu, sistem saraf pusat Anda juga berperan. Selama berolahraga, sistem saraf Anda berulang kali mengeluarkan sinyal untuk mengaktifkan otot Anda. Namun, pengeluaran sinyal itu akan menjadi lebih sedikit dibebankan saat Anda berolahraga.
 
Ditambah lagi, olahraga meningkatkan berbagai neurotransmiter, termasuk dopamin dan serotonin. Perubahan ini mengurangi kapasitas sitem saraf pusat Anda untuk mengaktifkan otot-otot Anda, yang menyebabkan kelelahan sentral. Akibatnya, Anda mungkin merasa lelah dan ingin tidur saja.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif