Sinusitis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami anak terutama saat udara dingin. (Foto: Pexels.com)
Sinusitis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami anak terutama saat udara dingin. (Foto: Pexels.com)

Mengenali Gejala dan Pengobatan Sinusitis pada Anak

Rona sinusitis
Anda Nurlaila • 07 Maret 2019 15:13
Gejala sinusitis dapat berbeda-beda, namun pada anak umumnya ditandai dengan gejala pilek termasuk hidung tersumbat dan demam ringan. Pencegahan sinusitis dapat dilakukan dengan perubahan gaya hidup dan lingkungan untuk menurunkan risiko sinus. 
 

 
Jakarta:
Sinusitis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami anak terutama saat udara dingin.  Umumnya anak lebih rentan terhadap infeksi virus karena sistem imunitas yang belum sempurna. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


American Academy and Pediatrics memperkirakan anak terkena 6-8 kali infeksi pada saluran napas atas dalam setahun. Sebanyak 5-13 persen dapat berlanjut menjadi sinusitis bakteriil.
 
Seperti dimuat KidHealth, sinus terdiri dari empat rongga yang terletak di tulang pipi, dahi, mata, di belakang mata serta saluran hidung. 
 
Sinus dilapisi dengan selaput lendir serupa yang melapisi hidung dan mulut. Sinus berfungsi menjaga temperatur udara. Normalnya, rongga sinus kosong dan tidak berisi cairan.
 
Peradangan yang terjadi ruang sinus akibat alergi atau pilek menyebabkan rongga sinus membengkak dan dipenuhi lendir. Apabila lendir tidak keluar dari rongga sinus serta adanya infeksi kuman menyebabkan sinusitis. 

Pilek berkepanjangan 

Gejala sinusitis dapat berbeda-beda, namun pada anak umumnya ditandai dengan gejala pilek termasuk hidung tersumbat dan demam ringan. Demam 5-7 hari setelah gejala flu muncul dapat menandakan terjadi infeksi sinus atau infeksi lain seperti bronkitis, radang paru-paru, atau infeksi telinga.
 
Sakit kepala pada anak yang flu biasanya bukan infeksi sinus. Penyebabnya, rongga sinus belum berkembang sempurna hingga anak berusia 9 hingga 12 tahun atau saat mencapai awal masa remaja. 
 
Pada anak yang lebih besar atau medekati usia remaja, gejala sinusitis paling umum diantaranya batuk yang terus menerus 7 hari setelah demam.
 
Selain itu hidung tersumbat yang semakin parah, bau mulut, sakit gigi, sakit telinga, bagian wajah terasa lebih lembut. Seringkali gejala lainnya antara lain sakit perut, mual, sakit kepala dan sakit di belakang mata.
 
Mengenali Gejala dan Pengobatan Sinusitis pada Anak
(Sinusitis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami anak terutama saat udara dingin. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Waspadai Infeksi Sinus yang Gejalanya Mirip Flu)

Pencegahan 

Pencegahan sinusitis dapat dilakukan dengan perubahan gaya hidup dan lingkungan untuk menurunkan risiko sinus. Antara lain menjaga kelembapan udara di rumah antara 45-50 persen. 
 
Hal ini untuk menghindari udara kering yang dapat mengiritasi sinus serta mengurangi infeksi virus. Bersihkan alat pengatur kelembapan ruangan untuk mencegah pertumbuhan jamur. 
 
Meskipun sinusitis tidak menular, pilek dan flu bisa menyebar di antara anggota keluarga. Untuk mencegah penyebaran kuman dianjurkan untuk mencuci tangan lebih sering terutama saat sakit. 

Pengobatan 

Pengobatan sinusitis akibat bakteri biasanya dengan resep antibiotik oral. Obat-obatan dekongestan dan antihistamin seringkali ditambahkan untuk membantu meringankan gejala.
 
Sementara sinusitis akibat infeksi virus akan hilang tanpa perawatan medis. Obat-obatan berupa acetaminofen, ibuprofen, dan/atau kompres hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit. 
 
Larutan saline aman digunakan untuk membersihkan hidung dan meredakan gejala yang disebabkan oleh alergi, virus, dan bakteri.

Kapan konsultasi ke dokter?

Sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter apabila anak mengalami beberapa hal: 
-pilek yang berlangsung selama lebih dari 7-10 hari dan tidak membaik
-pilek memburuk setelah 7 hari terjadinya gejala 
-anak mengalami gejala alergi yang tidak dapat diredakan dengan obat alergi biasa 
 
Pemeriksaan lebih lanjut juga diperlukan jika anak mengalami gejala-gejala sinusitis, yakni:
 
-Sakit atau tekanan di pipi atau di sekitar mata
-bengkak di sekitar mata
-demam
-pilek yang lebih buruk dari biasanya dan tidak sembuh
 

 
(TIN)


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif