Makanan Ini Bisa Menjaga Gigi Tetap Putih
Cokelat hitam mengandung theobromine, bubuk pahit yang membantu mengeraskan permukaan terluar gigi. (Foto: Joanna Kosinska/Unsplash.com)
Jakarta: Makanan menjadi salah satu faktor yang dapat memudarkan warna gigi. Tapi tahukah Anda ada makanan yang justru membantu memutihkan gigi.

Dokter gigi Beverly Hills Dr Harold Katz, ada beberapa jenis makanan yang justru menjaga warna gigi. Apa saja itu? Dikutip dari Dailymail, berikut makanan yang dapat menjaga warna gigi.

1. Cokelat hitam
Cokelat hitam mengandung theobromine, bubuk pahit yang membantu mengeraskan permukaan terluar gigi. Jika lapisan yang biasa disebut enamel itu lemah, maka rentan mengalami perubahan warna.


Sayangnya, efek serupa tidak bisa dirasakan oleh pecinta cokelat susu. Dr Katz mengatakan, cokelat susu bisa menyebabkan bau mulut karena mengandung gula dan susu.

2. Teh hijau
Teh hijau mengandung tanin yang mencegah pewarnaan. Kandungan tersebut mampu mencegah bakteri menempel pada gigi.

Minuman tradisional Jepang itu juga mengandung bahan kimia yang disebut polifenol, kandungan yang dapat melawan asam dan bakteri mulut. Mengonsumsi teh hijau juga meningkatkan kadar fluoride di mulut.


(Stroberi mengandung asam malat, enzim yang benar-benar membersihkan noda dari gigi. Foto: Marko Kovic/Unsplash.com)

(Baca juga: Makanan Terbaik Untuk Memutihkan Gigi)

3. Stroberi
Stroberi mengandung asam malat, enzim yang benar-benar membersihkan noda dari gigi. Efek stroberi ini akan lebih maksimal jika dicampur dengan baking soda.

Namun, Dr Katz memperingatkan bahwa buah beri lainnya tidak memiliki efek yang sama. Salah satunya yaitu blueberries yang dapat meninggalkan noda pada gigi.

4. Keju
Selain bagus untuk tulang, keju juga bisa menjaga warna gigi tetap putih. Sebab, keju dapat meningkatkan kadar pH dalam mulut sehingga tidak terlalu asam dan mengurangi perubahan warna dan erosi gigi.

5. Kacang-kacangan, biji-bijian, apel dan pir
Makanan yang renyah dan kasar, seperti biji, kacang, apel dan pir membantu menggosok plak dan zat penyebab noda pada gigi. Tekstur apel yang renyah juga dapat mengurangi risiko penyakit gusi dan kehilangan gigi. Dan, kandungan air yang tinggi dalam apel dan pir meningkatkan produksi air liur untuk mengurangi bakteri.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id