Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Apa Saja Keluhan Pasien Kanker Payudara?

Rona kanker payudara
Kumara Anggita • 30 Oktober 2019 06:03
Jakarta: Pasien kanker payudara memiliki peluang untuk hidup berkualitas lebih lama dan bahkan bisa sembuh bila rangkaian pengobatan diberikan sejak stadium dini. Sayangnya, para penderita kurang mendapatkan pemahaman tentang cara mendeteksi penyakit yang satu ini.
 
Karena itu, Anda perlu mengetahui keluhan-keluhan yang dialami para pasien kanker payudara berdasarkan fact sheet dari Indonesian Cancer Information and Support Center (CISC).
 
Keluhan utama

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Benjolan payudara
2. Kecepatan tumbuh dengan atau tanpa rasa sakit
3. Nipple discharge, retraksi puting susu dan krusta
4. Kelainan kulit, timbul seperti lesung pipit, penampakan kulit sepetti kulit jeruk, ulserasi, dan venektasi
5. Benjolan ketiak dan endema lengan
 
Keluhan tambahan
 
1. Nyeri tulang
2. Sesak dan lain sebagainya
 
Menurut dokter bedah onkologi Sonar Soni Panigoro di RSCM Jakarta, pada prinsipnya penegakan diagnosis kanker bisa dilakukan secara klinis, radiologis, dan patologi.
 
Penegakan diagnosis secara klinis dilakukan dengan cara melihat dan meraba payudara atau disebut periksa pahudara klinis. Sementara diagnosis secara radiologis dilakukan denfan menjalankan MRI, USG, atau mamografi. Lalu fiagnosis dengan patologi adalah dengan melakukan biopsi.
 
Standar penegakan kanker harus dengan pemeriksaan patologi. Berbekal diagnosis patologi ini, seorang dokter dapat menentukan pengobatan yang tepat. Setelah biopsi, stadium kanker dapat diketahui dan menentukan pasien dapat dioperasi atau tidak.
 
Dengan pemeriksaan, bisa ditentukan kanker sudah pada stadium sejauh apa. Stadium tersebut ditentukan oleh karakteristik kanker, di antaranya seberapa besar sel kanker dan ada atau tidaknya respetor hormon.
 
Stadium kanker payudara biasanya dituliskan dengan skala 0 sampai IV. Stadium 0 menggambarkan sel kanker yang tetap berada di posisinya, kanker non-invasif( tidak ganas). Sementara itu, stadium IV menggambarkan kanker invasif yang telah menyebar keluar payudara hingga bagian tubuh lainnya.
 
Itulah beberapa keluhan yang biasa dirasakan para pasien kanker payudara. Periksalah payudara Anda dari sekarang secara rutin agar bisa dilakukan tindakan bila memang ada kanker.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif