NEWSTICKER
Lakukan beberapa kali olahraga secara rutin dalam seminggu. Setidaknya, selama 30 menit setiap menerapkan olahraga tersebut. (Ilustrasi/Pexels)
Lakukan beberapa kali olahraga secara rutin dalam seminggu. Setidaknya, selama 30 menit setiap menerapkan olahraga tersebut. (Ilustrasi/Pexels)

Tips Menjaga Kesehatan Sistem Kekebalan Tubuh

Rona tips kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 19 Februari 2020 12:03
Jakarta: Sistem kekebalan melindungi Anda dari virus yang menyebabkan pilek dan flu. Sementara, ada langkah-langkah yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh Anda sehingga siap untuk melawan virus-virus itu.
 
Berikut beberapa tips agar kekebalan tubuh Anda tetap terjaga, seperti dilansir symptoms:
 
1. Makan makanan bergizi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Makan makanan bergizi merupakan hal terpenting pertama yang perlu diperhatikan. Untuk menunjang kesehatan tubuh, konsumsi juga banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
 
2. Olahraga 
 
Lakukan beberapa kali olahraga secara rutin dalam seminggu. Setidaknya, selama 30 menit setiap menerapkan olahraga tersebut. Tak hanya berhenti di olahraga, tapi perlu juga diimbangi dengan tidur yang cukup.
 
Kemudian, jangan minum alkohol terlalu banyak, karena memengaruhi kondisi ginjal Anda. Demikian juga, hindari merokok baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif.
 
3. Konsumsi suplemen?
 
Ketika tidak yakin apakah Anda mendapat cukup vitamin dan mineral dari makanan yang Anda konsumsi, segera konsultasikan kepada dokter atau ahli gizi tentang hal tersebut. Jangan mengonsumsi suplemen makanan secara berlebihan. 
 
Sebab, berisiko memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan Anda. Setelah membuat janji konsultasi, dokter akan memberi tahu Anda apa saja yang Anda butuhkan dan bisa juga diberikan suplemen makanan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.
 
Sementara itu, tetaplah dapatkan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Isi setengah piring Anda dengan sayuran dan buah-buahan, dan bagi separuh lainnya antara protein tanpa lemak dan biji-bijian juga karbohidrat.
 
4. Kelola stres
 
Semua orang pasti mengalami stres. Ledakan singkat stres dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda. Tapi stres yang berlangsung lama atau langgeng adalah masalah. Kondisi ini justru dapat menghambat sistem kekebalan tubuh Anda.
 
Namun, Anda dapat mengambil tindakan untuk mengatasi stres. Di antaranya, menjalani tidur yang cukup, pelajari dan lakukan teknik relaksasi, berolahraga. Kemudian, luangkan waktu untuk diri sendiri, dapatkan dukungan orang yang dapat Anda ajak bicara dengan nyaman, serta pertimbangkan konseling terutama ketika Anda sedang mengalami masa yang sangat menegangkan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif