6 Cara Tingkatkan Jumlah Sperma
6 Cara Tingkatkan Jumlah Sperma (Foto: gettyimages)
Jakarta: Ada berbagai faktor yang memengaruhi keberhasilan dalam pembuahan, salah satunya kualitas dan kuantitas sperma. Sel reproduksi laki-laki yang sehat dapat mempercepat kehamilan.

Berikut adalah enam cara ilmiah untuk meningkatkan kesehatan sperma secara keseluruhan, seperti dilansir Men's Health.

1. Konsumsi makanan yang tepat
Makanan tunggi antioksidan, seperti sayur dan buah, dapat meningkatkan konsentrasi sperma.


"Salah satu faktor yang memengaruhi kualitas sprema adalah tekanan oksidatif, yang terjadi ketika terlalu banyak atom tak stabil bernama radikal dalam tubuh," kata ahli urologi Dr. Ali Dabaja.

Antioksidan membantu melawan zat berbahaya tersebut. Dabaja menyarankan untuk konsumsi makanan tinggi antioksidan beberapa kali dalam sehari, misalnya buah beri.

Selain itu, Dabaja juga menyarankan banyak mengonsumsi vitamin E yang dapat meningkatkan bentuk sperma. Dosis yang disarankan adalah 15 miligram per hari.

2. Membatasi asupan alkohol
"Alkohol bisa menjadi racun bagi sperma itu sendiri jika mengonsumsi 10-15 minuman seminggu," kata Dabaja.

Untuk pria yang mencoba meningkatkan jumlah sperma mereka, disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari tiga hingga lima minuman seminggu.

3. Jaga berat badan ideal
Sebuah studi menyebutkan bahwa pria yang kegemukan atau obesitas memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dan mengalami penurunan motilitas dibandingkan dengan pria berbadan ideal.

"Jika Anda punya banyak lemak tubuh, akan ada banyak tekanan oksidatif di dalamnya," tegas Dabaja.

4. Hindari berendam air hangat
Dabaja memperingatkan bahwa suhu tinggi dalam kolam air panas dapat meningkatkan suhu testis, yang dapat mengurangi kuantitas sperma.

Sebuah studi dari 2013 juga menemukan bahwa berendam air hangat dua kali seminggu dapat mengurangi jumlah sperma dan motilitas.

5. Hindari celana dalam yang ketat
Memakai celana dalam dan celana ketat bisa menyebabkan buah zakar menjadi terlalu panas, yang dapat merusak jumlah sperma.

6. Mencoba akupuntur
Akupunktur tidak memiliki dampak langsung pada kualitas sperma, tetapi telah terbukti mengurangi stres, yang bepengaruh pada jumlah sperma.

Pada tahun 2014, para peneliti menemukan bahwa pria yang melaporkan tingkat stres yang tinggi memiliki lebih sedikit sperma dengan motilitas yang berkurang dibandingkan pria yang melaporkan tingkat stres yang lebih rendah.

"Tubuh yang lebih sehat sama dengan sperma yang lebih sehat," kata Dabaja.



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id