Yoga membantu menghubungkan napas dengan gerakan. Selain itu, memperlambat detak jantung, tekanan darah, dan gelombang otak Anda. (Foto Ilustrasi: Jared Rice/Unsplash.com)
Yoga membantu menghubungkan napas dengan gerakan. Selain itu, memperlambat detak jantung, tekanan darah, dan gelombang otak Anda. (Foto Ilustrasi: Jared Rice/Unsplash.com)

Kegiatan yang Bisa Membantu Menyembuhkan Kanker Payudara

Rona kanker payudara
Sunnaholomi Halakrispen • 18 Maret 2019 15:50
Jakarta: Bagi Anda yang menderita kanker payudara, akan diwajibkan mengikuti setiap perawatan atau penyembuhan. Sebelum, saat, dan setelah menjalani perawatan yang intensif tersebut, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan, guna membantu perawatan maupun kualitas diri. Apa saja kegiatan tersebut:

1. Akupunktur

Dalam latihan yang terbilang kuno ini, jarum yang sangat tipis diletakkan pada titik-titik tubuh Anda. Penelitian menunjukkan akupunktur meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan menjadi penghilang rasa sakit secara alami. Terutama, mengurangi efek samping dari pengobatan kanker payudara. Seperti mual, nyeri, kelelahan, dan kecemasan.
 
Tetapi, jangan lewatkan jadwal konsultasi dengan dokter lantaran fokus mengutamakan terapi akupunktur Anda. Faktanya, pastikan dokter Anda tahu ada niat melakukan akupuntur sebelum mencobanya. Mungkin ada efek samping dan dalam beberapa kasus dokter tidak menganjurkan akupunktur.

2. Pijat

Pijat bisa mengurangi rasa sakit dan memberikan relaksasi sebelum lumpektomi, mastektomi, atau rekonstruksi payudara. Beberapa rumah sakit memiliki staf ahli terapi pijat. Setelah operasi, pijat khusus yang diberikan oleh terapis terlatih dapat membantu mengurangi pembengkakan.
 
Sebelum pijat, bicarakan dengan dokter Anda tentang keinginan Anda. Dokter mungkin menyarankan teknik tertentu, seperti teknik drainase getah bening.

3. Yoga

Bentuk latihan ini membantu menghubungkan napas dengan gerakan. Selain itu, memperlambat detak jantung, tekanan darah, dan gelombang otak Anda. Wanita yang mengikuti kelas yoga sambil menjalani radiasi untuk kanker payudara mengatakan lelah dan stres mereka berkurang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika Anda bisa melakukannya secara teratur, yoga juga dapat mengurangi peradangan. Pastikan untuk membagikan riwayat medis Anda dengan instruktur Anda, sehingga dia tahu cara terbaik untuk membantu Anda.

Baca juga: Tips Diet bagi Penderita Kanker Payudara

4. Tai Chi

Seni bela diri Tiongkok ini menggabungkan gerakan tubuh yang lambat dan anggun dengan pernapasan dan meditasi. Merilekskan pikiran dengan cara ini dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh.
 
Tai chi dapat mengurangi peradangan pada penderita kanker payudara. Wanita yang berlatih tai chi selama satu jam dalam tiga kali seminggu juga mengaku merasa lebih baik. Entah itu masalah kesehatan maupun kehidupan mereka.

5. Terapi Seni

Anda tidak perlu menjadi seniman yang hebat atau mahir untuk mendapatkan manfaat terapi seni. Saat Anda menggambar, melukis, memahat, atau membuat kerajinan, bisa memberi Anda kesempatan dalam mengungkapkan ketakutan dan perasaan lain yang mungkin tidak ingin Anda bicarakan.
 
Bekerja dengan terapis seni terlatih dapat membantu Anda merasa lebih baik tentang perawatan Anda. Bahkan, terbukti mengurangi kecemasan dan depresi yang dapat membantu harga diri Anda.

6. Makeover

Efek samping seperti rambut rontok dan masalah kulit melanda banyak wanita. Beberapa orang yang tengah menjalani perawatan enggan meninggalkan rumah karena tidak menyukai penampilannya.
 
Sebaliknya, ketika Anda merasa lebih baik tentang penampilan Anda, bisa meningkatkan kualitas hidup Anda dan membantu Anda tetap kuat. Temukanlah program kecantikan yang tepat untuk Anda, seperti wig, riasan pada wajah, atau bra untuk bentuk tubuh Anda.

7. Tulis Semuanya

Jika Anda menuliskan perasaan Anda tentang kanker payudara, mulai dari harapan hingga ketakutan terbesar, Anda mungkin melihat ada yang berbeda pada gejala fisik Anda. Menuliskannya dalam jurnal atau buku diari juga dapat meningkatkan suasana hati.
 
Selain itu, juga membantu Anda melihat kemajuan yang Anda capai. Jangan khawatir tentang ejaan atau tulisan tangan. Lepaskan saja, biarkan tulisan itu mengalir, fokuslah pada pikiran dan tujuan Anda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif