Ginekomastia terjadi lantaran adanya ketidakseimbangan pembentukan hormon estrogen dan hormon testosteron di dalam tubuh pria. (Foto Ilustrasi: Mitchell Hollander/Unsplash.com)
Ginekomastia terjadi lantaran adanya ketidakseimbangan pembentukan hormon estrogen dan hormon testosteron di dalam tubuh pria. (Foto Ilustrasi: Mitchell Hollander/Unsplash.com)

Ginekomastia, Penyebab Payudara Pria Membesar

Rona payudara
Dhaifurrakhman Abas • 23 Desember 2018 16:11
Jakarta: Umumnya, payudara laki-laki berukuran lebih kecil dibandingkan dengan perempuan. Namun pada beberapa kasus ditemukan pembesaran payudara pria.

Kondisi ini karib disebut Ginekomastia. Menyebabkan jaringan pada dada pria menonjol serupa payudara perempuan.

Melansir WebMD, Ginekomastia terjadi lantaran adanya ketidakseimbangan pembentukan hormon estrogen dan hormon testosteron di dalam tubuh pria. Bisa karena hormon estrogen yang meningkat atau kadar testosteron menurun pada pria.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Pada keadaan alami, Ginekomastia dapat terjadi saat pria tengah memasuki masa pubertas. Pada masa pubertas, hormon estrogen dan testosteron pria kerap berubah-ubah dan membuat ukuran payudara membesar. Meski jarang ditemukan, Ginekomastia juga bisa terjadi pada pria dewasa dalam rentang usia 50 hingga 80 tahun. Umumnya terjadi lantaran tengah menderita penyakit tertentu atau akibat mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu, alkohol, maupun Napza.

Ginekomastia tidak memiliki dampak yang sangat serius karena dapat membaik dengan sendirinya. Namun Ginekomastia dapat menyebabkan rasa nyeri di bagian dada dan menimbulkan gangguan psikologis.

Sebabnya, Ketika mengalami Ginekomastia, seseorang akan mengalami nyeri pada dada dan lama kelamaan ukuran payudara akan membesar pada satu atau kedua bagian payudara.

Secara alami, pembesaran payudara akan kembali berukuran normal selang waktu enam bulan hingga tiga tahun setelah masa pubertas. Namun pada orang dewasa biasanya dokter akan merekomendasikan pengobatan endrokinologis serta menyelidiki riwayat perjalanan penyakit penderitanya.

Anak Sehat Produksi ASI Meningkat



(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi