Bisakah hamil ketika siklus menstruasi tidak teratur? Berikut informasinya. (Foto: Xan Griffin/Unsplash.com)
Bisakah hamil ketika siklus menstruasi tidak teratur? Berikut informasinya. (Foto: Xan Griffin/Unsplash.com)

Bisakah Hamil Saat Siklus Haid Tidak Teratur?

Rona kesehatan
Timi Trieska Dara • 16 Agustus 2018 09:00
Jakarta: Banyak wanita yang masih bingung dengan siklus menstruasi. Banyak pertanyaan yang muncul terkait hal itu. Salah satunya, bisakah hamil ketika siklus menstruasi tidak teratur?
 
Siklus menstruasi normal biasanya berlangsung antara 21 hingga 35 hari. Walaupun siklus tiap wanita berbeda, siklus yang lebih dari 35 hari disebut menstruasi jarang (oligomenorrhea). Meski demikian, wanita yang terkena oligomenorrhea masih bisa hamil selama ovulasi masih terjadi.
 
(Baca juga: Benarkah Makanan Ini Dapat Membantu Kehamilan?)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(Siklus menstruasi normal biasanya berlangsung antara 21 hingga 35 hari. Walaupun siklus tiap wanita berbeda, siklus yang lebih dari 35 hari disebut menstruasi jarang (oligomenorrhea). Foto: Christopher Campbell/Unsplash.com)
 
"Benar. Itu lebih sulit," kata Michele Hakakha, M.D., seorang Ob-gyn di Beverly Hills, California. 
 
Menurut dia, seorang wanita yang memiliki periode haid setiap 2 hari akan mengalami ovulasi pada hari ke-14 dari siklusnya. Sementara, wanita dengan siklus 35-42 hari akan berovulasi lebih jarang karena menstruasi jarang. 
 
Jika menstruasi Anda tidak teratur dan berencana hamil, Dr Hakakha menyarankan untuk konsultasikan dengan dokter Anda. Diskusikan kapan kemungkinan besar Anda mengalami ovulasi.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi