Pusing hingga mata tiba-tiba gelap kerap dirasakan saat kita berdiri secara tiba-tiba (Foto: Ilustrasi Hermes Rivera/Unsplash.com)
Pusing hingga mata tiba-tiba gelap kerap dirasakan saat kita berdiri secara tiba-tiba (Foto: Ilustrasi Hermes Rivera/Unsplash.com)

Merasa Pusing setelah Berdiri secara Tergesa-gesa, Ini Alasannya

Rona kesehatan
Raka Lestari • 12 Desember 2018 12:33
Jakarta: Berdiri secara tergesa-gesa kadang bisa menyebabkan Anda merasa pusing. Tentu saja hal itu cukup mengganggu buat aktivitas sehari-hari Anda, bahkan terbesit rasa khawatir dalam diri Anda. 
 
Sebenarnya hal tersebut terjadi tergantung dari akar penyebabnya. Setidaknya itu yang dikatakan oleh Dokter Nadia Sutton, seorang ahli jantung intervensi di University of Michigan's Frankel Cardiovascular Center. Ia juga mengatakan kalau gejala tersebut ada kaitannya dengan tekanan darah.
 
"Ketika Anda berdiri, gravitasi ikut bermain dan darah cenderung menyatu di bagian bawah tubuh Anda," kata Dr Sutton. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jadi ketika Anda berdiri terlalu cepat, kadang-kadang menimbulkan hipotensi ortostatik (tekanan darah ke bagian atas tubuh, terutama kepala, menurun ketika Anda berdiri). Sehingga menyebabkan perasaan pusing atau kepala terasa ringan.
 

Ilustrasi (Foto oleh: Aiony Haust/Unsplash.com)
 
"Biasanya, pembuluh darah di bagian atas tubuh mengencang atau menyempit ketika Anda berdiri. Proses itu terjadi agar tekanan darah tetap stabil ketika Anda berdiri," tambahnya. 
 
Tekanan darah yang rendah juga membuat Anda cenderung mengalami gejala pusing saat berdiri. Itu terjadi karena sirkulasi yang buruk ke kepala Anda. Tapi gejala ini hanya berlangsung sebentar kok.
 
"Setelah pembuluh darah Anda menyesuaikan diri untuk berdiri, gejala pusing biasanya hilang," katanya. 
 
Faktor yang Memengaruhi Tekanan Darah
Lebih lanjut Dr. Sutton menyebut beberapa hal yang memengaruhi tekanan darah. Bisa karena dehidrasi, efek obat, kondisi jantung, dan masalah neurologis.
 
Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, dokter dan ahli kesehatan, menambahkan bahwa untuk beberapa orang gejala ini bisa dikaitkan dengan disfungsi baroreseptor. Baroreseptor sendiri berfungsi mengatur perubahan tekanan darah secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan masalah ke hipotensi ortostatik jika mengalami disfungsi.
 
Jadi ada baiknya Anda untuk menghindari sikap tergesa-gesa saat berdiri. Paling tidak memberikan jeda angara duduk dan sambil berdiri agar tubuh Anda menyesuaikan diri dengan gravitasi.
 
Tapi jika hal tersebut terjadi berulang-ulang, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan akar penyebabnya. 
 
Makanan dan Minuman Ini Dapat Kurangi Sakit Kepala

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi