Dampak Mengonsumsi Alkohol pada Gigi

Raka Lestari 17 Agustus 2018 13:55 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Dampak Mengonsumsi Alkohol pada Gigi
Dr Lewis Ehrlich, seorang dokter gigi yang bekerja di Sydney Holistic Dental Centre memberitahukan efek minuman beralkohol pada gigi dan hasilnya cukup mengerikan. (Foto: Ethan Haddox/Unsplash.com)
Jakarta: Mengonsumsi alkohol ternyata memiliki dampak bagi gigi Anda. Meskipun memang Anda tidak akan langsung menyadarinya, namun mengonsumsi alkohol secara terus menerus dapat berdampak negatif bagi kesehatan gigi Anda. 

Dan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada gigi Anda, sebaiknya Anda memikirkan untuk mengurangi atau menghilangkan sama sekali kebiasaan mengonsumsi alkohol. 

Dr Lewis Ehrlich, seorang dokter gigi yang bekerja di Sydney Holistic Dental Centre memberitahukan efek minuman beralkohol pada gigi dan hasilnya cukup mengerikan. 


"Mungkin Anda semua sudah sering mendengar istilah kerusakan gigi, namun mungkin jarang mendengar istilah erosi gigi. Erosi gigi adalah kondisi di mana asam dalam makanan Anda mulai melarutkan gigi Anda."

(Baca juga: Angka Kesadaran Kesehatan Gigi dan Mulut Rendah, BKGN Kembali Digelar di FKG UNPAD)


(Mengonsumsi alkohol ternyata memiliki dampak bagi gigi Anda. Meskipun memang Anda tidak akan langsung menyadarinya, namun mengonsumsi alkohol secara terus menerus dapat berdampak negatif bagi kesehatan gigi Anda. Foto: Kyle Loftus/Unsplash.com)

"Erosi gigi ini akan terjad ketika pH dalam mulut turun di bawah 5,5. Dan bagi beberapa orang, erosi gigi akan berpengaruh pada batas-batas tertentu. Dan gigi merupakan salah satu bagian dalam tubuh manusia yang paling sulit larut," ujar Dr Ehrlich.

"Yang palng baik adalah dengan menjaga pH di mulut agar tetap berada di sekitar 7 agar permukaan gigi tetap halus dan utuh."

Menurutnya, erosi pada gigi akan menyebabkan banyaknya lubang-lubang kecil sehingga gigi akan mudah rapuh dan lepas. "Anda hanya mendapatkan satu set gigi dewasa. Jika minuman ini dapat melarutkan bagian tersulit dari tubuh Anda, maka akan berdampak lebih mengerikan lagi pada bagian tubuh Anda yang lain," kata Dr Ehrlich. 

Selain minuman keras minuma ringan juga bisa berdampak buruk pada gigi. "Jika Anda menginginkannya minumlah menggunakan sedotan dan usahakan minum air purih yang banyak," sarannya. 

"Tunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat gigi, dan Anda juga bisa menyediakan makanan sehat untuk membantu menstimulasi air liur dan melindungi gigi-gigi Anda."






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id