Hujan sepanjang hari dan liburan telah usai Ini bisa berarti hanya satu hal: musim hujan dan flu telah resmi tiba. (Ilustrasi/pexels)
Hujan sepanjang hari dan liburan telah usai Ini bisa berarti hanya satu hal: musim hujan dan flu telah resmi tiba. (Ilustrasi/pexels)

Kebiasaan Ini Menghindari Pilek dan Flu

Rona influenza
Timi Trieska Dara • 26 Februari 2020 14:21
Jakarta: Ada udara dingin, hujan sepanjang hari, dan liburan telah usai. Ini bisa berarti hanya satu hal: musim hujan dan flu telah resmi tiba.
 
Untungnya, Anda dapat mengambil beberapa langkah yang benar-benar melindungi diri terhadap kuman. Tetapi beberapa yang mungkin pernah Anda dengar tidak bekerja dengan baik, atau sama sekali tidak. Di sini, dua ahli kuman mempertimbangkan mana yang layak dan yang tidak.

Gunakan pembersih tangan: Layak

"Pembersih tangan menjadi lebih baik dalam beberapa tahun terakhir," jelas Charles Gerba, PhD, seorang ahli kuman dan ahli biologi lingkungan di University of Arizona. Cari yang mengandung alkohol 60 persen. Itu jumlah yang dibutuhkan untuk membunuh kuman.
 
Anda tidak perlu berlebihan, kata Gerba, gunakan sekali atau dua kali selama hari-hari biasa, serta setelah menggunakan transportasi umum. Ketika Anda sampai di rumah, atau sebelum Anda makan (jika Anda tidak dapat mencuci tangan).

Cuci tangan Anda terus-menerus: Tidak (serta merta) sepadan

Ini bukan berarti Anda boleh melewati wastafel. Mencuci tangan, terutama setelah menggunakan kamar kecil atau sebelum Anda makan, masih penting untuk melindungi diri Anda dari kuman pilek dan flu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi Anda mungkin tidak perlu menyabuni setelah jabat tangan ketika pembersih tangan membunuh kuman juga. Plus ada sedikit ruang untuk kesalahan:
 
Hanya 5 peren orang yang mencuci tangan cukup lama untuk secara efektif menyingkirkan kuman, penelitian menunjukkan, dan hanya 2 dari 3 orang yang repot menggunakan sabun.

Matikan keran dengan handuk kertas atau tisu: Layak

"Pegangan keran adalah permukaan yang paling terkontaminasi di toilet," kata Gerba. Menggunakan tisu yang sama untuk membuka pintu toilet saat keluar juga merupakan ide yang bagus.

Lewati pengering tangan: Layak

Mesin-mesin ini tidak hanya berisik, tetapi bisa membahayakan kesehatan Anda. Studi menemukan bahwa jet pengering udara menyebarkan 1.300 kali lebih banyak kuman daripada handuk kertas. Gunakan tisu jika tersedia, atau keringkan tangan Anda.

Gunakan kertas penutup kursi toilet: Tidak sepadan

Dudukan porselen sebenarnya adalah salah satu tempat terbersih dari toilet umum karena sering dibersihkan dengan desinfektan, kata Gerba.
 
"Jika itu memberi Anda ketenangan pikiran, lakukan saja, tetapi selembar kertas tipis itu tidak akan banyak gunanya, karena cairan dapat menembusnya," kata Philip Tierno, PhD, ahli mikrobiologi dan profesor klinis patologi di New York Universitas. "Tetapi kemungkinan bagus Anda tidak akan melakukan kontak dengan apa pun yang dapat menginfeksi Anda," katanya.

Sentuh tombol lift dengan buku jari atau lengan baju Anda: Layak

Tombol lift lantai dasar, yang disentuh semua orang, bisa menjadi sangat kotor, kata Gerba.

Hindari berjabatan tangan atau memeluk orang yang tampak sakit: Layak

Jelaskan bahwa Anda tidak bersikap kasar; Anda melindungi kesehatan Anda. Kedua ahli mengatakan mereka menghindari menyentuh teman dan kerabat yang sakit, terutama jika mereka batuk dan bersin.

Jauhkan jari-jari Anda dari wajah: Layak

Menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda dengan tangan berkuman adalah cara yang pasti untuk jatuh sakit. Dan Anda mungkin melakukannya lebih dari yang Anda sadari. Satu penelitian menemukan rata-rata orang dewasa menyentuh wajah mereka sekitar 16 kali per jam.

Bawa matras yoga Anda sendiri ke kelas yoga: Layak

Melakukan "downward dog" dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, tetapi matras yoga Anda juga bisa menjadi tempat utama bagi kuman, kata Tierno. Pastikan untuk membersihkannya dengan tisu antibakteri setelah setiap kali digunakan.

Lap peralatan olahraga: Layak

Berolahraga dapat berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi peralatan olahraga sangat kotor. Satu penelitian menemukan virus yang menyebabkan flu biasa hadir pada 63 persen mesin gym. Lindungi diri Anda dari kuman saat berolahraga dengan menyeka peralatan olahraga dengan handuk sebelum menggunakannya. (Tierno menyarankan menggunakan handuk Anda sendiri dan menandai tanda X di sisi "kotor".)

Kenakan masker bedah di pesawat terbang: Benar-benar layak!

Itu tidak berlebihan, kata Tierno, terutama jika seseorang di belakang, di samping, atau di depan Anda bersin dan batuk. Lebih jauh lagi, Anda mungkin aman.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif