<i>Gadget</i> Jadi Penyebab Utama Insomnia
Menurut sebuah studi, jika Anda ingin mendapatkan istirahat yang berkualitas, maka jangan memainkan gadget lebih dari jam 10 malam. (Foto: Demetrius Washington/Unsplash.com)
Jakarta: Ada banyak penyebab orang susah tidur. Selain makanan atau minuman mengandung kafein, telepon pintar atau gadget menjadi penyebab utama susah tidur.

Menurut sebuah studi, jika Anda ingin mendapatkan istirahat yang berkualitas, maka jangan memainkan gadget lebih dari jam 10 malam. 

"Itu berarti tidak ada lagi berselancar tanpa tujuan melalui Facebook di tempat tidur, menonton klip YouTube, Instagram atau tidur dengan TV," kata penulis studi senior Profesor Daniel Smith dari Universitas Glasgow saat dikutip dari News.


(Baca juga: Tips Kurangi Penggunaan Gawai Berlebih)

Berdasarkan hasil penelitian ritme sirkadian dari 91.000 orang setengah baya, ditemukan bahwa orang-orang yang aktif menggunakan ponsel pada larut malam cenderung memiliki kebersihan tidur yang buruk. 


(Cobalah untuk santai menjelang jam tidur untuk menghindari dari insomnia. Foto: Masaaki Komori/Unsplash.com)

Studi yang dipublikasikan di The Lancet Psychiatry menyebutkan efek buruk jika kualitas tidur tidak baik adalah memengaruhi suasana hati, depresi atau gangguan bipolar.

Untuk menghindari efek kurang istirahat tersebut tentunya Anda harus berhenti menggunakan gadget. Bukan hanya itu, cobalah untuk santai menjelang jam tidur.

"Berusaha aktif di siang hari dan tidak aktif dalam kegelapan. Terutama di musim dingin, pastikan Anda keluar di pagi hari di udara segar sama pentingnya dalam mendapatkan tidur malam yang nyenyak karena tidak ada di ponsel Anda," ujar dia.





(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id