Stimulasi sangat berperan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang seorang anak, selama periode emas kehidupannya. (Ilustrasi/Pexels)
Stimulasi sangat berperan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang seorang anak, selama periode emas kehidupannya. (Ilustrasi/Pexels)

Manfaat Melakukan Pijatan pada Bayi

Rona bayi tumbuh kembang bayi
Raka Lestari • 08 Juni 2020 15:01
Jakarta: Stimulasi sangat berperan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang seorang anak, selama periode emas kehidupannya. Stimulasi adalah aktivitas yang dapat dilakukan setiap hari untuk merangsang semua sistem indera pendengaran, penglihatan, perabaan, penciuman dan pengecapan.
 
Dengan melakukan secara terus menerus, maka dapat mendotong perkembangan bayi menjadi lebih cepat serta meningkatkan berbagai aspek keterampilan anak, baik emosional, sensorik, maupun motorok. Salah satu cara untuk menstimulasi anak dapat dilakukan melalui pijat bayo.
 
dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), seorang dokter spesialis anak menjelaskan, “Stimulasi sentuhan yang diberikan oleh orang tua melalui pojat bayi memiliki sangat banyak manfaat, terutama selama periode emas,” ujarnya melalui akun Facebook Johnson’s Virtual Expert Class.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Periode emas atau 1.000 hari pertama kehidupan merupakan fase penting dalam pertumbuhan anak. Suatu masa ketika otak anak sedang berkembang sangat pesat. Apa yang terjadi di 1.000 hari pertama kehidupan anak akan menentukan perkembangan seorang anak.
 
“Jika pijat bayi dilakukan secara rutin, maka dapat membantu bayi untuk tumbuh dan berkembang secara optimal karena banyaknya manfaat yang didapatkan seperti memperlancar peredaran darah, melancarkan pencernaan bayi, mencerna dan menyerap makanan lebih baik, membantu bayi untuk relaksasi, dan meningkatkan kekebalan tubuh,” ujarnya.
 
Ia juga menambahkan bahwa melakukan pijat pada bayi juga dapat membantu meredakan ketidaknyamanan ketika bayi mengalami kolik atau sedang tumbuh gigi. Selain itu juga bisa memperkuat massa tulang pada bayi.
 
“Pijat bayi juga dapat memperkuat ikatan emosional bayi dengan orang tua karena melalui pijat bayi maka hormon oksitosin bayi dan ibu meningkat,” jelas dr. Bernie. “Hormon oksitosin adalah hormon yang membuat manusia merasa nyaman dan dicintai. Sehingga, pijat bayi tidak hanya memberi manfaat yang besar terhadap bayi, tetapi juga terhadap orang tuanya,” tutup dr. Bernie.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif