Makan di tempat tidur membuat Anda rentan makan berlebihan. (Foto: Pexels.com)
Makan di tempat tidur membuat Anda rentan makan berlebihan. (Foto: Pexels.com)

Hindari Makan di Kasur dengan Empat Alasan Ini

Rona kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 07 Juni 2019 14:28
Anda disarankan mengganti seprai kamar minimal setiap satu minggu. Ini agar Anda terhindar dari pelbagai gangguan kesehatan yang disebabkan bakteri dan kuman yang ada di seprai kasur Anda. Untuk itu Anda disarankan menghilangkan kebiasaan mengonsumsi makanan di tempat tidur.
 

Jakarta: Kamar tidur mungkin jadi salah satu tempat yang paling dirindukan para perantau saat mengunjungi rumah di kampung halaman. Maklum, ruangan ini merupakan tempat privat penuh kenangan masa kecil.
 
Bahkan jika tidak memiliki televisi di kamar, Anda akan tetap betah berlama-lama menatapi setiap sudut ruangan, tergolek lunglai di kasur yang empuk itu. Mendengarkan lagu masa kecil sambil mencicipi sajian makanan khas kampung halaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ya, kedengaran menyenangkan, bukan? Meski tampaknya nyaman dan menyenangkan, mengonsumsi makanan di tempat tidur rupanya tidak baik untuk kesehatan Anda.
 
Berikut empat alasan yang akan membuat Anda menghentikan kebiasaan makan di tempat tidur, dikutip Times of India.

1. Kesehatan tidur

Menonton televisi atau makan di tempat tidur dapat merusak siklus istirahat Anda. Secara psikologis, Anda tidak akan lagi merasa nyaman beristriahat di tempat tersebut.
 
Sebabnya, pikiran Anda akan terbiasa menerima bahwa tempat tidur bukan lagi tempat untuk tidur, yang semestinya merupakan  tempat tanpa gangguan dari suara bising dan kotoran.
 
Walhasil makan maupun menonton di tempat tidur mendorong gangguan rutinitas tidur meningkat. Menyebabkan Anda kekurangan pola tidur yang baik.
 
Hindari Makan di Kasur dengan Empat Alasan Ini
(Makan di tempat tidur membuat Anda rentan makan berlebihan. Foto: Pexels.com)

2. Kembang biak bakteri

Anda disarankan mengganti seprai kamar minimal setiap satu minggu. Ini agar Anda terhindar dari pelbagai gangguan kesehatan yang disebabkan bakteri dan kuman yang ada di seprai kasur Anda.
 
Untuk itu Anda disarankan menghilangkan kebiasaan mengonsumsi makanan di tempat tidur. Sisa makanan kasat mata yang terjatuh di seprai amat mungkin membuat bakteri dan kuman berkembang biak dengan pesat.

3. Makan berlebihan

Makan di tempat tidur membuat Anda rentan makan berlebihan. Bayangkan, Anda mungkin tidak lagi ingat pola makan ideal  ketika sudah berada di dalam selimut yang nyaman.
 
Dengan semangkuk mie di tangan Anda, sambil menyaksikan acara televisi yang seru. Tahu-tahu, Anda sudah menghabiskan lebih dari lima mangkuk mie tanpa Anda sadari

4. Tamu yang tidak diinginkan

Makan di tempat tidur dapat mengundang semut atau kecoak berkunjung ke kamar Anda. Bahkan tumpahan terkecil dapat menyebabkan semut berbondong-bondog menndatangi seprai Anda untuk mengambil sisa makanan tersebut. Anda pasti tidak menginginkan itu.
 
Meski begitu, Anda boleh saja mengonsumsi makanan di tempat tidur saat mengalami kondisi tertentu. Misalnya saja ketika Anda memiliki cedera atau Anda sakit. Namun Anda harus segera membersihkan seprai agar penyakit lain tak datang menyerang.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif