Garam biasa atau sea salt? Mana yang lebih baik. Simak informasinya. (Foto: Pexels.com)
Garam biasa atau sea salt? Mana yang lebih baik. Simak informasinya. (Foto: Pexels.com)

Sea Salt atau Garam Biasa? Mana yang Lebih Baik

Rona kesehatan
Raka Lestari • 21 Maret 2019 08:49
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Environmental Science and Technology Journal, sea salt juga memiliki lebih dari sekedar mineral di dalamnya. Menurut Mayo Clinic, baik sea salt dan garam dapur biasa juga memiliki jumlah natrium yang sama dalam berat.
 

 
Jakarta:
Saat ini sea salt menjadi salah satu tren bahan makanan yang dianggap memiliki kandungan mineral yang lebih baik dibandingkan garam dapur biasa. Hal ini tentu membuat Anda menjadi bingung apakah harus memilih garam biasa ataukah sea salt. 
 
Sea salt sendiri pada dasarnya seperti garam pada umumnya, namun sea salt memiliki lebih sedikit pemrosesan. Ini menyebabkab kandungan mineral aslinya seperti magnesium dan kalium bisa bertahan. Tetapi apakah itu berarti bahwa sea salt lebih sehat?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak orang berpikir bahwa sea salt lebih baik karena kandungan mineralnya, tetapi pada dasarnya garam biasa dan sea salt memiliki nilai gizi dasar yang sama. Menurut Mayo Clinic, baik sea salt dan garam dapur biasa juga memiliki jumlah natrium yang sama dalam berat.
 
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Environmental Science and Technology Journal, sea salt juga memiliki lebih dari sekedar mineral di dalamnya.
 
<i>Sea</i> <i>Salt</i> atau Garam Biasa? Mana yang Lebih Baik
(Dalam urusan garam, yang terbaik adalah menurunkan asupan garam Anda dalam makanan sehari-hari yang terkadang bisa jadi berlebihan dan ini tidak Anda sadari. Foto: Pexels.com) 
 
(Baca juga: Kelebihan Garam Tingkatkan Risiko Katarak)
 
Berbeda dengan garam dapur biasa yang diproduksi di tambang garam, maka garam dapur biasa akan mengalami lebih banyak proses pembersihan dibandingkan sea salt. 
 
Mekipun memang terkadang proses pembersihan tersebut dapat mengurangi kandungan mineral alami di dalamnya, yang menyebabkan garam dapur tradisional lebih buruk dibandingkan sea salt. 
 
Namun sejak tahun 1920-an, sebenarnya banyak produsen telah menambahkan yodium ke garam olahan. Yodium sendiri merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tiroid Anda.
 
Namun apapun jenis garam yang Anda konsumsi, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah dengan mengonsumsi garam dalam jumlah moderat atau cukup dan tidak berlebihan. 
 
Tidak ada satu jenis garam yang lebih baik dibandingkan jenis garam lainnya. Yang terbaik adalah dengan menurunkan asupan garam Anda dalam makanan sehari-hari yang terkadang bisa berlebihan dan tidak Anda sadari.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif