NEWSTICKER
Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Cara Sehat Mengikis Lemak Perut Pascamenopause

Rona menopause
Anda Nurlaila • 09 Januari 2020 18:11
Cara Sehat Mengikis Lemak Perut Pascamenopause
 
Jakarta: Lingkar pinggang yang melebar terkadang sesuatu yang dianggap harga saat menua. Bagi wanita, hal ini cenderung terjadi setelah menopause, ketika lemak tubuh cenderung bergeser ke perut.
 
Peningkatan lemak pada bagian perut bukan hanya mengganggu penampilan, tapi membawa risiko pada kesehatan. Seperti dimuat Mayoclinic, ada beberapa cara untuk mengurangi lemak pada bagian tengah tubuh.

Di balik timbunan lemak perut

Berat badan ditentukan tiga faktor utama yaitu konsumsi kalori di siang hari, kalori yang dibakar selama olahraga dan usia. Jika makan terlalu banyak dan kurang olahraga, Anda cenderung memiliki berat badan berlebih termasuk lemak perut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seiring bertambahnya usia, massa otot berkurang dan lemak bertambah. Kehilangan massa otot juga mengurangi tingkat penggunaan kalori oleh tubuh. Sehingga semakin sulit mempertahankan berat badan sehat.
 
Sebagian wanita bahkan mengalami peningkatan lemak pada bagian perut meski tidak bertambah gemuk. Ini kemungkinan disebabkan oleh menurunnya tingkat estrogen, yang memengaruhi distribusi lemak di seluruh tubuh. Bentuk tubuh apel juga lebih cenderung menambah beban lemak pada bagian pinggang daripada mereka yang memiliki bentuk tubuh pir.

Lebih dari lapisan di bawah kulit

Lemak perut tidak terbatas pada lapisan tambahan di bawah kulit (lemak subkutan), tapi juga termasuk lemak visceral yang terletak jauh di dalam perut. Lemak ini mengelilingi organ-organ internal Anda.
 
Meskipun lemak subkutan menimbulkan masalah kosmetik, lemak visceral terkait dengan masalah kesehatan yang jauh lebih berbahaya, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, kolesterol abnormal, dan masalah pernapasan.
 
Terlepas dari berat badan, studi mengaitkan lemak perut dengan peningkatan risiko kematian dini. Bahkan, beberapa penelitian menemukan wanita dengan berat badan normal berdasarkan pengukuran indeks massa tubuh (BMI), ukuran pinggang yang besar meningkatkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.
 
Mengukur Pinggang
Cara mengukur pinggang:
Berdiri dan letakkan pengukur di sekitar perut telanjang tepat di atas tulang pinggul Anda.
 
Tarik pengukur sampai pas di sekitar Anda, tetapi tidak menekan kulit Anda. Pastikan pita pengukur mengelilingi pinggang.
 
Santai, buang napas dan ukur pinggang Anda, tahan keinginan untuk menarik perut Anda.
 
Bagi wanita, ukuran pinggang lebih dari 89 sentimeter atau 35 inci menunjukkan konsentrasi lemak perut yang tidak sehat dan risiko lebih besar masalah kesehatan.
 
Cara Sehat Mengurangi Lemak Perut
Latihan mengencangkan otot perut dapat dilakukan dengan sit up atau latihan perut lainnya yang tidak menghilangkan lemak perut sepenuhnya. Lemak visceral merespons diet dan strategi olahraga yang membantu menurunkan berat badan dan total lemak tubuh. Beberapa cara mengurangi lemak tubuh di antaranya:
 
1. Makan makanan sehat dan fokus makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, dan pilih sumber protein tanpa lemak dan produk susu rendah lemak. Batasi tambahan gula dan lemak jenuh, yang ditemukan dalam daging dan produk susu tinggi lemak, seperti keju dan mentega. Pilih lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam jumlah sedang dalam ikan, kacang-kacangan, dan minyak nabati tertentu sebagai gantinya.
 
2. Ganti minuman manis dengan air putih atau minuman dengan pemanis buatan.
 
3. Jaga ukuran porsi makan. Meski Anda makan menu makanan sehat, porsi berlebih membuat asupan kalori lebih tinggi. Kurangi porsi makan saat di rumah. Di restoran, bagi dua makan dan makan setengahnya. Bawa pulang sisanya ke rumah.
 
4. Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda. Bagi kebanyakan orang dewasa yang sehat, aktivitas aerobik moderat, seperti jalan cepat, setidaknya 150 menit seminggu atau aktivitas aerobik yang kuat, seperti berlari, setidaknya selama 75 menit seminggu.
 
5. Jika menggunakan penghitung langkah, dibutuhkan rata-rata 10.000 langkah sehari untuk mencegah penambahan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan mungkin diperlukan 15.000 langkah sehari untuk mencegah mendapatkan kembali berat badan setelah penurunan berat badan yang signifikan.
 
6. Latihan kekuatan setidaknya dua kali seminggu. Jika ingin menurunkan berat badan atau tujuan kebugaran tertentu olahraga lebih banyak.
 
7. Untuk menghilangkan lemak berlebih dan mencegahnya kembali, lakukan penurunan berat badan yang lambat dan mantap. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk bantuan memulai dan tetap dalam jalur yang sehat.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif