Studi: Stres Dapat Menular (Foto: shutterstock)
Studi: Stres Dapat Menular (Foto: shutterstock)

Studi: Stres Dapat Menular

Rona stres
Sri Yanti Nainggolan • 10 Maret 2018 14:00
Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa stres ternyata menular. Jadi, jika pasangan Anda mengalami tekanan, kemungkinan Anda merasakan hal yang sama cukup besar.
 
Studi yang menggunakan tikus sebagai percobaan tersebut menunjukkan bahwa stres mengubah otak pada tingkat seluler. Perubahan otak yang  berhubungan dengan stres dapat menimbulkan berbagai masalah lain seperti gangguan stre pascatrauma (PSTD), gangguan kecemasan, dan depresi.
 
"Studi terbaru mengindikasikan bahwa stres dan emosi dapat menular, apakah ini memiliki efek lama dalam otak belum diketahui," kata Jaideep Bains selaku profesor, fisiologi dan farmakologi di Universitas Calgary.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Studi yang dipublikasi dalam jurnal Nature Neuroscience tersebut memelajari efek stres pada pasangan tikus betina dan jantan. Mereka memindahkan salah satu tikus dan memaparkannya dengan stres ringan.
 
Para peneliti memeriksa respons dari populasi sel spesifik terutama neuron CRH (hormon pelepas Corticotropin) yang mengontrol respons otak pada stres pada setiap tikus. Hasilnya, jaringan otak pada tikus stres maupun pasangannya berubah pada cara yang sama.
 
Para peneliti menyimpulkan, aktivasi neuron CRH menyebabkan pelepasan sinyal kimia sebagai 'alarm feromon' dari tikus yang memeringatkan pasangan. Pasangan yang mendapat sinyal tersebut akan mengingatkan anggota kelompok kecil lainnya.
 
Menurut para peneliti, konsep tersebut juga berlaku untuk manusia. "Kita mengkomunikasikan stres yang kita alami pada orang lain, bahkan terkadang tanpa kita sadari."
 
Bains menambahkan, bahkan ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa stres pun dialami keluarga atau orang terdekat dari penderita PSTD.
 

 
 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif