Umur berapa bayi tumbuh gigi bisa berbeda antar anak. (Foto: Janco Ferlic/Unsplash.com)
Umur berapa bayi tumbuh gigi bisa berbeda antar anak. (Foto: Janco Ferlic/Unsplash.com)

Umur Berapakah Bayi Tumbuh Gigi?

Rona perkembangan anak
10 Januari 2019 11:21
Jakarta: Dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan normal, bayi biasanya akan mulai tumbuh gigi pada periode awal makan. Lalu, pada usia berapakah sebenarnya momen ini terjadi?

Melansir dari BabyCenter, gigi pertama pada anak biasanya tumbuh secara bervariasi 5-11 bulan. Bila misalnya si kecil sampai usia sembilan bulan giginya belum juga tumbuh, sebenarnya masih normal dan tak perlu dikhawatirkan.

Sebagian besar tumbuhnya gigi pertama si kecil dipengaruhi oleh faktor genetik dan berhubungan sekali dengan Anda serta pasangan Anda saat masih kecil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(Baca juga: Tanda-tanda Bayi Mulai Tumbuh Gigi)
(Melansir dari BabyCenter, gigi pertama pada anak biasanya tumbuh secara bervariasi 5-11 bulan. Bila misalnya si kecil  sampai usia 9 bulan giginya belum juga tumbuh, sebenarnya masih normal dan tak perlu dikhawatirkan. Foto: Colin Maynard/Unsplash.com)

Biasanya jika orang tuanya terlambat tumbuh gigi, ada kemungkinan si kecil akan mengalami hal yang sama.

Gigi depan bagian bawah (gigi seri tengah) biasanya tumbuh lebih dulu, baru kemudian gigi lainnya akan mulai tumbuh setelah satu atau dua bulan.

Biasanya gigi seri samping muncul sekitar usia 10-12 bulan, pertama di bagian bawah dan kemudian gigi atas.

Geraham pertama muncul pada usia sekitar 12-16 bulan, diikuti oleh gigi taring. Geraham kedua biasanya muncul terakhir, dan sederet gigi susu seharusnya sudah tumbuh semua di usia 2-3 tahun.

Penting untuk diingat, bahwa penjelasan di atas adalah waktu rata-rata pertumbuhan gigi.

Umur berapa bayi tumbuh gigi bisa berbeda antar anak, dan sangat dianjurkan untuk membawa si kecil ke dokter gigi secara rutin untuk memastikan bahwa gigi mereka tumbuh dengan benar. Jika saat umur satu tahun anak Anda belum tumbuh gigi, maka perlu diwaspadai.


Maria Fransiska




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi