Ilustrasi- Unsplash
Ilustrasi- Unsplash

Kebiasaan Sehari-hari Ini Dapat Mengganggu Kesehatan Ginjal

Rona gaya kesehatan ginjal
Raka Lestari • 04 November 2019 12:26
Jakarta: Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Jika ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik, maka Anda juga bisa meningkatkan risiko untuk mengalami serangan jantung atau stroke.
 
Untuk itu penting sekali untuk menghindari kebiasaan atau gaya hidup yang dapat merusak kesehatan ginjal Anda. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak kesehatan ginjal Anda:

-Sering mengonsumsi makanan kemasan

Sebagian besar makanan kemasan memiliki natrium yang tinggi, yang tidak hanya buruk bagi jantung Anda tetapi juga dapat menyebabkan masalah ginjal. Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak garam, tubuh perlu mengeluarkan natrium saat buang air kecil dan dibutuhkan kalsium untuk melakukannya.
 
"Pada gilirannya, memiliki terlalu banyak kalsium dalam urine Anda meningkatkan risiko batu ginjal," kata James Simon, MD, nephrologist dari Cleveland Clinic.

-Tekanan darah yang tidak terkontrol

Memiliki tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi tubuh, termasuk juga ginjal Anda. Ginjal pada dasarnya adalah satu set besar pembuluh darah dengan saluran kemih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi di pembuluh darah besar, Anda memiliki tekanan darah tinggi di pembuluh darah kecil Anda. Membiarkan tekanan darah tinggi tidak terkendali dapat merusak pembuluh darah yang menuju ke ginjal Anda,” kata Dr Simon.

-Memiliki kebiasaan merokok

Merokok tidak hanya dapat menyebabkan Anda terkena kanker paru-paru, tetapi juga dapat merusak ginjal Anda. Merokok dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.
 
"Itu merupakan alasan lain mengapa merokok sangat tidak baik untuk tubuh," , kata Dr Simon.

-Tidak minum ketika Anda merasa haus

Memang betul bahwa Anda tidak perlu mengonsumsi delapan gelas air setiap hari untuk menjaga ginjal bekerja dengan baik, tetapi minum air hanya satu atau dua gelas per hari sangat tidak baik. Tidak hanya Anda akan kekurangan air untuk mengeluarkan kandungan sodium, tetapi dehidrasi juga membuat tekanan darah naik.
 
“Ginjal sangat sensitif terhadap tekanan darah. Ginjal akan terganggu jika Anda mengalami dehidrasi dan tekanan darah menuju ginjal menurun,” ujar Dr Simon.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif