Aturan umum penurunan bobot tubuh dan mempertahankannya sebenarnya dengan mengonsumsi makanan seimbang. (Foto Ilustrasi: Rawpixels/Pexels)
Aturan umum penurunan bobot tubuh dan mempertahankannya sebenarnya dengan mengonsumsi makanan seimbang. (Foto Ilustrasi: Rawpixels/Pexels)

Tertarik Diet GOLO? Bandingkan Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Rona diet
Anda Nurlaila • 16 Juni 2019 17:01
Jakarta: Ada puluhan metode penurunan berat badan yang diperkenalkan. Banyak yang muncul dan kemudian menghilang dengan cepat.
 
Di antara berbagai metode tersebut, diet GOLO diklaim sebagai salah satu metode penurunan berat badan yang bertahan selama beberapa tahun terakhir sejak diperkenalkan. Diet ini paling digemari dalam pencarian dalam jaringan pada 2016.
 
Diet GOLO dikembangkan dokter dan apoteker yang bertujuan menyeimbangkan hormon. Filosofi GOLO adalah ketidakseimbangan hormon memicu stres dan kecemasan, yang menyebabkan kelelahan, kelaparan, dan kualitas tidur buruk. Semua ini pada gilirannya mendorong makan berlebihan, makan sebanyak-banyaknya, dan makan emosional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peracik metode diet GOLO percaya, bahwa diet dan olahraga saja tidak cukup untuk menghasilkan penurunan berat badan yang bertahan lama. Untuk melengkapi kebiasaan sehat ini, mereka menciptakan kapsul yang dipatenkan yang disebut "Release".
 
Menurut situs web GOLO,  suplemen "Release" mengandung ekstrak tanaman dan mineral utama yang terbukti secara klinis membantu mengelola aspek fisik dan psikologis berat badan." Perusahaan mengklaim pil Release mengoptimalkan gula darah dan regulasi insulin, menyeimbangkan hormon, memperpanjang rasa lapar, dan mengendalikan keinginan makan berlebih.
 
Suplemen dikonsumsi selama program diet. Setelah berhasil menurunkan 4-9 kilogram, disarankan mengurangi dosis atau jika penurunan berat per minggu lebih dari 1,8 kilogram. Setelah berat badan ideal tercapai disarankan menghentikan pemakaian suplemen.
 
Menurut penelitian yang dilakukan oleh perusahaan, peserta yang melakukan diet GOLO kehilangan rata-rata total 17 kilogram bobot badan (16,1 persen dari berat badan) dan 16,3 sentimeter lingkar pinggang. Peserta juga berhasil menurunkan ukuran tiga ukuran baju dan lima ukuran celana.
 
Studi pada 2018 menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan Release kehilangan berat badan dan lingkar pinggang, daripada mereka yang menerapkan plasebo. Namun studi yang dibiayai sepenuhnya produsen GOLO tidak ada dalam jurnal ilmiah yang dapat dipercaya. Ini menjadi peringatan pertama.
 
Selain itu, jumlah berbagai bahan dalam suplemen tidak diketahui, karena formulasinya dipatenkan. Tetapi menurut Database Komprehensif Obat-obatan Alami, beberapa bahan dapat memicu mual atau gangguan pencernaan.
 
Dalam situs perusahaan, seorang pengulas mencatat memasak makanan selama seminggu tidak realistis bagi sebagian orang. Segelintir memuji menu makanan sederhana. Sejumlah pengulas mengaku tidak mengalami penurunan berat badan melalui metode ini.

Haruskah menjalankan diet GOLO?

Banyak aspek yang tidak diketahui dalam diet ini, sehingga sulit dievaluasi tanpa penelitian pihak ketiga yang independen tentang diet GOLO maupun suplemen rilis. Kurangnya informasi dan parameter yang diberikan perusahaan juga menambah pertanyaan apakah diet ini aman untuk semua orang.  
 
Aturan umum penurunan bobot tubuh dan mempertahankannya sebenarnya dengan mengonsumsi makanan seimbang, makan dengan penuh perhatian, aktif secara fisik dan memperoleh dukungan sekitar. Bagi yang masih penasaran dengan diet GOLO, konsultasi dengan dokter diperlukan untuk mengevaluasi dan mencari alternatif diet lain.
 
Cara Sehat, Mudah dan Nyaman Mengontrol Berat Badan

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif