Mitos Makan Seafood bagi Ibu Hamil (Foto: istock)
Mitos Makan Seafood bagi Ibu Hamil (Foto: istock)

Mitos Makan Seafood bagi Ibu Hamil

Rona hamil kehamilan
Sunnaholomi Halakrispen • 06 April 2019 06:00
Jakarta: Ada Beragam mitos tentang seafood bagi ibu hamil. Salah satunya, aroma amis yang bisa membuat mual dan rasa tidak nyaman.
 
Mitos yang beredar tentang ibu hamil itu, biasanya dinyatakan tidak cocok mengonsumsi ikan atau jenis seafood lainnya. Namun, mengatasi permasalahan tersebut tidaklah rumit.
 
Anda bisa saja membuat racikan bumbu dibandingkan memasak dengan cara biasa seperti digoreng atau direbus. Ketika meracik bumbu yang lebih variatif, ikan tersebut tidak lagi amis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain amis, permasalahan lainnya ialah diragukannya kandungan yang ada dalam seafood. Bahkan kandungannya dianggap kurang baik untuk ibu hamil.
 
"Mitos jangan makan ikan karena banyak ikan yang tercemar dengan adanya merkuri sehingga bisa berpengaruh ke otak anak. Makanya jangan sembarangan juga," ujar Prof Ahmad Sulaeman, MS, PhD. dari Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor.
 
Prof Ahmad menyatakan, tidak sedikit masyarakat yang berpendapat bahwa kandungan merkuri pada seafood bisa memperburuk perkembangan ibu hamil dan anak. Untuk mengantisipasinya, pilihlah seafood yang memiliki kandungan aman bagi Anda.
 
"Beberapa makanan cenderung mengandung logam berat yang tinggi. Makanya cari yang aman-aman saja, contohnya ikan tongkol dan udang. Kalau kerang mitosnya tidak bagus untuk orang hamil," tuturnya.
 
Sumber seafood yang dijual juga dianggap tidak jelas. Apakah berasal dari laut yang tidak tercemar, kemudian apakah disimpan terlalu lama di restaurant tersebut.
 
"Yang harus jadi perhatian kita itu sumber dia hidup. Maka sekarang benar-benar dari sumber nelayannya, ambil dari laut bagian paling ujung yang bersih. Jadi dalam keadaan segar," imbuhnya.
 
Seafood dalam sushi juga perlu diperhatikan. Prof Ahmad memaparkan, sering terjadi keracunan ketika makan sushi yang mentah.
 
Ketika mendapatkan sushi atau kuliner lain yang menggunakan seafood, pastikan seafood itu masih dalam keadaan segar. "Jadi tidak masalah mentah. Akan tetapi lebih bagus kalau dimasak," pungkasnya.
 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif