Menurut Robert Stickgold, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School mengatakan paling mudah untuk mengingat mimpi Anda jika Anda bangun pada akhir siklus tidur secara perlahan dan dengan sedikit gerakan. (Foto: Pexels.com)
Menurut Robert Stickgold, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School mengatakan paling mudah untuk mengingat mimpi Anda jika Anda bangun pada akhir siklus tidur secara perlahan dan dengan sedikit gerakan. (Foto: Pexels.com)

Beberapa Faktor yang Membuat Anda bisa Mengingat Mimpi

Rona kesehatan tidur
Raka Lestari • 23 April 2019 13:55
Robert Stickgold, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School dan direktur Center for Sleep and Cognition di Beth Israel Deaconess Medical Center, Harvard Medical School mengatakan mimpi bukan hanya sekedar tentang mengingat. Menurutnya paling mudah untuk mengingat mimpi Anda jika Anda bangun pada akhir siklus tidur secara perlahan dan dengan sedikit gerakan.
 

 
Jakarta:
Mimpi masih menjadi sesuatu hal yang misterius secara ilmiah. Hampir semua orang pasti pernah mengalami mimpi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut penelitian orang-orang yang mengklaim bahwa mereka tidak pernah bermimpi atau bermimpi selama bertahun-tahun menunjukkan aktivitas otak seperti mimpi saat tidur.
 
Dan beberapa orang lainnya, ada yang bisa dengan mudah mengingat mimpi namun beberapa orang lainnya tidak bisa. Namun, seberapa baik Anda mengingat mimpi Anda ternyata memiliki beberapa faktor yang cukup kompleks.
 
Dilansir dari Bustle, berikut ini adalah beberapa faktor mengenai kemampuan Anda mengingat mimpi yang dialami:
 
(Baca juga: Mengenal Mimpi dan Artinya dalam Kehidupan Nyata)
 
Beberapa Faktor yang Membuat Anda bisa Mengingat Mimpi
(Menurut Robert Stickgold, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School mengatakan paling mudah untuk mengingat mimpi Anda jika Anda bangun pada akhir siklus tidur secara perlahan dan dengan sedikit gerakan. Foto: Pexels.com)

1. Bagaimana cara dan kondisi Anda ketika bangun tidur

"Mimpi bukan hanya sekedar tentang mengingat," ujar Robert Stickgold, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School dan direktur Center for Sleep and Cognition di Beth Israel Deaconess Medical Center, Harvard Medical School.
 
Menurut Stickgold, "Paling mudah untuk mengingat mimpi Anda jika Anda bangun pada akhir siklus tidur secara perlahan dan dengan sedikit gerakan."
 
Bangun dengan tenang dan perlahan-lahan tepat setelah Anda bermimpi mungkin membuatnya lebih mudah untuk mengingat mimpi itu.

2. Berhubungan dengan bagian otak saat waktu tidur dan bangun

Menurut sebuah studi kecil yang dilakukan pada tahun 2014 menemukan bahwa partisipan yang memiliki kemampuan lebih baik dalam mengingat mereka adalah mereka yang memiliki aktivitas yang lebih pada bagian temporo-parietal junctionsaat bermimpi.
 
Temporo-parietal junction merupakan bagian otak yang terlibat dengan pemrosesan informasi. Para peneliti percaya bahwa lebih banyak aktivitas di bagian otak ini berarti lebih banyak mimpi yang tertanam ke dalam memori tidur.

3. Tidur sebentar lebih mungkin mengingat mimpi

Menurut sebuah studi pada tahun 2014 ditemukan bahwa mereka yang lebih sulit mengingat mimpi adalah mereka yang kurang reaktif terhadap rangsangan pendengaran selama waktu tidur dan bangun mereka, yang menunjukkan bahwa jumlah seseorang terbangun memengaruhi kemampuan untuk mengingat mimpi.
 
Ini juga menegaskan studi pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam Frontiers of Consciousness Research, yang menemukan bahwa mereka yang mengingat mimpi mereka secara teratur juga lebih sering terbangun saat tidur daripada mereka yang tidak mengingat mimpi mereka.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif