Amankah Minum Probiotik Setiap Hari?
(Foto: Daily Mail)
Jakarta: Minuman probiotik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Probiotik merupakan bakteri baik, yang apabila dikonsumsi akan melengkapi mikrobioma alami tubuh Anda. 

"Mikrobioma adalah keseimbangan alami dari bakteri yang ada di dalam tubuh untuk membuat Anda tetap sehat," kata Keri Gans, R.D., ahli nutrisi dori New York. 

Minuman ini mengandung strain probiotik tertentu yang disebut Lactobacillus casei Shirota, yang telah terbukti dapat membantu mengurangi sembelit kronis. Dengan kata lain, memulai kebiasaan untuk rutin mengonsumsi minuman probiotik dapat membantu mengatur masalah pencernaan dan membuat semuanya berjalan lancar.


Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan awal tahun ini dalam Bioscience of Microbiota, Food and Health, para peneliti menemukan bahwa setelah delapan minggu menenggak minuman Lactobacillus casei Shirota, para pasien pra diabetes yang mengalami obesitas memiliki tingkat kolesterol jahat yang lebih rendah.

Selain itu,  sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical & Experimental Immunology menemukan bahwa probiotik dapat meningkatkan kekuatan tubuh Anda untuk melawan infeksi.

Untuk itu, Gans menyarankan untuk mengonsumsi probiotik setiap hari.

"Benar-benar tidak ada negatif untuk mengonsumsi probiotik," katanya. Untungnya, ada banyak pilihan untuk mendapatkan asupan probiotik selain dari minuman probiotik, kata Gans. Salah satunya adalah dari makanan yang difermentasi, seperti kombucha, yogurt, dan kefir.  

"Yang paling penting adalah bahwa Anda harus memilih probiotik yang mengandung probiotik hidup aktif," kata Gans. 

Lihat video:





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id