Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

4 Tips Mengatasi Cedera saat Berolahraga di Rumah

Rona tips berolahraga
Raka Lestari • 20 Juli 2020 15:05
Jakarta: Berolahraga merupakan salah satu bagian penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Dan salah satu keluhan yang mungkin terjadi saat berolahraga, terutama ketika berolahraga di rumah adalah cedera.
 
Lalu, untuk mengatasi cedera di rumah apa saja yang harus dilakukan? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi cedera ketika berolahraga di rumah:

1. Tetap bergerak

Amir El Shami, seorang ahli fisioterapi yang berspesialisasi dalam ortopedi, kedokteran olahraga, dan kedokteran non-bedah lainnya, mengatakan bahwa meskipun Anda cedera, usahakan untuk tetap bergerak. Cobalah untuk tetap melakukan olahraga ringan yang Anda bisa untuk mendorong pemulihan dan mempercepat penyembuhan.
 
"Untuk di rumah, misalnya pada lutut yang bengkak bisa dengan menaikkan kaki di atas kursi, sehingga lutut Anda terangkat. Usahakan agar lutut Anda berada pada posisi diatas dibandingkan tubuh Anda,” kata El Shami.

2. Mulai dengan perlahan

Setelah mengalami cedera, meskipun Anda sudah merasa baik-baik saja, sebenarnya Anda baru sembuh sekitar 75 persen saja. Untuk itu baiknya jangan melakukan olahraga yang berat dulu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Anda sebaiknya tidak melakukan olahraga berat yang sebelum cedera biasa Anda lakukan. Anda tidak harus melakukan latihan kekuatan setiap hari tetapi penting untuk selalu melakukan latihan peregangan setiap harinya,” ujar El Shami.

3. Menghindari es batu

Dee Tidwell, ahli terapi jaringan lunak dan kinesiologis yang berbasis di Colorado, Amerika Serikat, mengatakan, pada training atletik, penggunaan es batu tidak dibutuhkan.
 
“Penggunaan es batu dapat menghentikan respons inflamasi tubuh, padahal yang Anda butuhkan adalah merawat area yang cedera sebanyak mungkin dengan rasa nyeri sesedikit mungkin," terangnya
 
Pijatlah area cedera dengan lembut untuk meningkatkan pergerakan sirkulasi dan cairan. Gunakan sesuatu yang hangat jika itu bisa membuat anda merasa lebih nyaman dan menggunakan krim topical anti inflamasi.

4. Tetap terhidrasi

Inflamasi berdasarkan pada tingkat hidrasi tubuh Anda dan Tidwell mengatakan jika Anda mengalami dehidrasi, maka tubuh tidak dapat memunculkan respon inflamasi yang dibutuhkan untuk menyembuhkan cedera.
 
"Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga agar tubuh bisa berfungsi dengan baik," tegas Tidwell.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif