Apakah semua obat kumur memberikan senasi pedas membakar? Berikut penjelasan ahli. (Foto: Freepik.com)
Apakah semua obat kumur memberikan senasi pedas membakar? Berikut penjelasan ahli. (Foto: Freepik.com)

Apakah Obat Kumur Harus Selalu Terasa Pedas?

Rona kesehatan gigi dan mulut
Kumara Anggita • 30 Juli 2020 15:13
Jakarta: Salah satu bentuk perawatan gigi yang biasa orang lakukan adalah berkumur dengan obat kumur atau dikenal dengan mouthwash. Bila Anda pehatikan, obat kumur rasanya selalu pedas dengan sensasi rasa yang khas.
 
Kira-kira apakah obat kumur memang harus selalu terasa pedas seperti itu ya? Dikutip dari Healthline Christine Frank, DDS dalam "Is Mouthwash Supposed to Burn?" menjelaskan bahwa rasa pedas seperti 'terbakar' setiap Anda berkumur dengan itu adalah hasil dari alkohol dan bahan lain termasuk mentol.
 
Frank menyebutkan bahwa alkohol adalah bahan atau formula bilas kumur yang terdapat dalam mouthwash dan ini membunuh bakteri dan membersihkan mulut Anda. 

Alasan lain obat kumur rasanya "menyakitkan"

Jika Anda beralih ke obat kumur yang tidak mengandung alkohol tetapi masih mengalami sensasi terbakar, Anda mungkin peka terhadap salah satu bahan aktif lain di dalam obat kumur itu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya mungkin Anda alergi terhadap bahan-bahan seperti chlorhexidine, yang dapat mengurangi plak atau cetylpyridinium chloride, yang membunuh bakteri penyebab bau mulut. 
 
Selain itu, minyak esensial seperti minyak peppermint, minyak kayu putih, dan minyak thyme dapat dimasukkan ke dalam obat kumur untuk menyegarkan napas Anda. 
 
Semua bahan-bahan ini dapat menyebabkan obat kumur terasa "membakar". Beberapa orang sangat sensitif terhadap mentol, yang berasal dari mint atau peppermint, dan mengalami rasa terbakar yang parah daripada kesemutan ketika mereka menggunakannya.
 
Apakah semua obat kumur memberikan senasi pedas membakar? Nyatanya, tidak semua obat kumur menyebabkan perasaan seperti ini semua tergantung tingkat kepekaan Anda.
 
Beberapa obat kumur dibuat tanpa alkohol dan bisa lebih lembut di lidah, mulut, dan gusi Anda. Sebagian besar merek obat kumur juga membuat formula bebas mentol, bebas mint, atau tanpa rasa sudah tersedia dan dijual. 
 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif