Berikut beberapa jenis bentuk tubuh yang umum. (Foto: Pexels.com)
Berikut beberapa jenis bentuk tubuh yang umum. (Foto: Pexels.com)

Menilik 5 Kondisi Kesehatan Berdasar Bentuk Tubuh

Rona kesehatan
Anda Nurlaila • 24 Mei 2019 19:09
Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Ada yang berjenis bentuk tubuh ektomorf, yaitu dada dan pantat yang rata. Tubuh ektomorf khas dimiliki para pelari jarak jauh, model fesyen, atau balerina.
 

 
Jakarta:
Bentuk tubuh merupakan satu faktor yang dapat menjelaskan tentang kesehatan seseorang. Tetapi setiap orang dengan berbagai bentuk dan ukuran tubuh bisa sehat atau berisiko mengalami gangguan kesehatan seperti jantung dan diabetes.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mesomorf, yaitu orang dengan tipe tubuh atletis dan kuat dengan bahu lebar, pinggang sempit, dan lemak tubuh rendah. Berikut beberapa jenis bentuk tubuh yang umum, seperti dimuat dalam WebMD:

1. Ektomorf

Jenis ektomorf memiliki kerangka yang lebih sempit, tulang lebih tipis, dan sambungan lebih kecil. Pemilik tubuh ektomorf lebih mungkin memiliki dada dan pantat rata. Tubuh ektomorf khas dimiliki para pelari jarak jauh, model fesyen, atau balerina.
 
Meski tubuh ektomorf terlihat kurus dan sulit menambah berat badan, Anda dapat memiliki lebih banyak lemak tubuh, terutama seiring bertambahnya usia. Hal ini karena tubuh sering memproses makanan dengan cepat, membuatnya lebih sulit membentuk otot.

2. Endomorf

Tipe tubuh ini memiliki lebih banyak lemak dan otot tubuh, bahu kecil, anggota tubuh lebih pendek, dan struktur tulang besar. Pemilik tubuh ini umumnya dimiliki pemain sepakbola, pelempar lembing.
 
Tubuh endomorf dapat mengalami kenaikan bobot dengan mudah. Terutama di bagian bawah perut dan pinggul, serta merasa lebih sulit untuk turun. Ini mungkin karena tubuh lebih cenderung menyimpan makanan "tinggi karbohidrat" sebagai lemak daripada membakar mereka.
 
Menilik 5 Kondisi Kesehatan Berdasar Bentuk Tubuh
(Setiap orang memiliki dasar bentuk tubuh yang berbeda. Foto: Pexels.com)

3. Mesomorf

Orang dengan tipe ini bertubuh atletis dan kuat dengan bahu lebar, pinggang sempit, dan lemak tubuh rendah. Pelari cepat atau pemain sepak bola umumnya memiliki tubuh mesomorf.
 
Secara alami pemilik tubuh ini kuat dan mudah menurunkan berat badan. Tipe tubuh yang cocok untuk aktivitas pembentukan otot seperti binaraga.

4. Bentuk pir

Pemilik tubuh ini menggabungkan tubuh bagian atas ektomorf yang lebih ramping dan tubuh bagian bawah endomorf. Orang dengan bentuk ini memiliki lemak ekstra di daerah pinggul dan paha. Umumnya di kalangan wanita yang menjadi alasan mereka sering hidup lebih lama daripada pria.
 
Hal tersebut mungkin karena lemak perut, yang lebih umum pada pria, terkait dengan lebih banyak masalah kesehatan daripada lemak tubuh rendah. Satu studi menemukan lemak di pinggul dan paha dikaitkan dengan peluang yang lebih rendah mengalami beberapa penyakit.

5. Bentuk apel

Juga disebut "perut bir," yang berarti memiliki lebih banyak lemak di sekitar perut. Sementara tubuh bagian bawah tetap kurus. Bentuk tubuh ini lebih umum pada pria, dan lebih buruk bagi kesehatan daripada bentuk tubuh pir.
 
Lemak perut sering merupakan tanda memiliki lebih banyak lemak di sekitar organ internal, bukan hanya di bawah kulit. Lemak internal terkait erat dengan penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, dan kolesterol tinggi.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif