Pengobatan yang Tepat Cegah HIV Berkembang Menjadi AIDS

Sri Yanti Nainggolan 09 Agustus 2018 14:06 WIB
hiv
Pengobatan yang Tepat Cegah HIV Berkembang Menjadi AIDS
Foto ilustrasi. (Ant/Basri Marzuki)
Jakarta: Banyak orang menganggap HIV dan AIDS adalah sama. Padahal, keduanya berbeda.
Human immunodeficiency virus (HIV) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Pengobatan yang baik dan teratur dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien. 

Jika tidak, maka sistem kekebalan yang sudah sangat turun tersebut menjadi penyakit Acquired immune deficiency syndrome (AIDS).

"Jika tidak mengakses pengobatan dan kontrol dengan baik, maka kekebalan tubuh makin turun dan kuman yang awalnya normal jadi mengganggu," jelas dr Adyana Esti dalam seminar 'Tangkal Hoaks-nya, Pahami Fakta HIV/AIDS' di Jakarta, Kamis, 9 Agustus 2018.


Ia memberi contoh, orang normal sehat akan kebal fungi Pneumonia Pneumocystic yang beredar di ruangan umum, tetapi tidak demikian dengan orang HIV. Mereka lebih mudah terserang gangguan tersebut, seperti mudah sesak napas dan lemas.

"Penyakit-penyakit itulah yang dapat menyebabkan kematian," tukasnya.

Virus HIV menyerang bagian sel darah bernada CD4 yang bertugas untuk pengingat ketika ada serangan kuman ke dalam tubuh. Ketika tubuh tidak ada peringatan, maka sistem kekebalan tubuh terlambat untuk menangani gangguan tersebut.

Data UNAIDS menyebutkan bahwa pada tahun 2017 terdapat 49 ribu kasus infeksi HIV baru, 39 ribu kematian karena AIDS, dan 631 ribu penderita HIV tahun 2017. Lebih spesifik, di Jakarta terdapat 4.178 kasus infeksi HIV baru, 3.484 kematian karena AIDS, dan 107.806 penderita HIV pada tahun yang sama. 

Lihat video:





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id