Penyebab keluar angin saat seks adalah letak vagina dan dubur bersebelahan. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Penyebab keluar angin saat seks adalah letak vagina dan dubur bersebelahan. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Penyebab Buang Gas Saat Bercinta

Rona kesehatan seks dan kesehatan
Anda Nurlaila • 25 Agustus 2019 11:26
Banyak hal memalukan dapat terjadi selama momen hangat hubungan seks adalah suara buang gas. Salah satu yang menempati urutan teratas adalah suara buang angin. 
 
Jakarta: Setiap orang umumnya mengeluarkan gas 10 hingga 20 kali per hari. "Usus tidak peduli dengan apa yang sedang terjadi. Namun hal ini dapat terjadi pada waktu yang tidak tepat,” ungkap Asisten profesor kedokteran di Divisi Gastroenterologi Fakultas Kedokteran Universitas Washington Elizabeth Blaney pada Health.
 
Penyebab keluar angin saat seks adalah letak vagina dan dubur bersebelahan. "Bagian atas vagina berada di dekat bagian bawah rektum, sehingga saat berhubungan seks, setiap dorongan dan hentakan pada bagian bawah rektum dapat menyebabkan gas keluar," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Blaney juga menambahkan bahwa gas dan tinja dikendalikan oleh dua sfinkter. Sfinkter internal yang bekerja otomatis, dan eksternal yang dapat dikendalikan. 
 
Sfinkter internal melakukan 85 persen semuanya secara otomatis. Umumnya, dubur menampung semua isi, termasuk gas sepanjang waktu termasuk saat bercinta. Namun, pada beberapa waktu otot dalam tubuh bisa lelah dan gagal melakukan tugasnya, tak terkecuali sfinkter internal. 
 
Penyebab Buang Gas Saat Bercinta
(Penyebab keluar angin saat seks adalah letak vagina dan dubur bersebelahan. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Jika buang angin saat hubungan intim...

Wajar jika sesekali mengalami buang angin saat hubungan intim. Tapi jika terlalu sering keluar gas, kemungkinannya Anda mengalami Irritable Bowel Syndrome (IBS). Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita. 
 
Menariknya, wanita dengan IBS dua kali lebih mungkin mengatakan menikmati seks dibandingkan wanita tanpa kondisi ini. Konsultasi dengan dokter dapat membantu mengetahui apakah IBS atau gangguan pencernaan lain menyebabkan Anda sering buang gas. 
 
Gejala lain yang perlu diperhatikan adalah diare atau sembelit yang tiba-tiba, sakit perut dan/atau pembengkakan, penurunan berat badan, atau darah di dalam tinja.

Pencegahan 

Buang air besar sebelum bercinta biasanya menghilangkan perasaan harus buang angin. Namun jika ada perasaan ingin kentut selama bercinta, pertimbangkan untuk berganti posisi seperti misionaris. Sehingga Anda tetap dapat mengendalikan bokong dan tidak terlalu membungkuk. 
 
Hindari juga makan makanan pemicu gas dalam perut seperti bawang, brokoli, kubis Brussel, dan gandum, beberapa jam sebelum hubungan seks. Minum air secara perlahan untuk mencegah udara berlebih terhirup masuk. Hindari minuman berkarbonasi, karena soda dapat menyebabkan perut kembung.
 
Kalau pun akhirnya memang Anda harus buang angin saat berhubungan seks, itu bukan sesuatu yang salah. "Cobalah untuk melepaskannya tanpa banyak rasa malu atau khawatir,” kata Blaney.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif