Anda tipe yang makan dengan cepat atau lambat? Temui informasi seputar hal tersebut. (Foto: Pexels.com)
Anda tipe yang makan dengan cepat atau lambat? Temui informasi seputar hal tersebut. (Foto: Pexels.com)

Kecepatan Makan Pengaruhi Berat Badan?

Rona gaya kesehatan pencernaan
Torie Natalova • 22 Oktober 2019 13:02
Jakarta: Banyak cara atau metode untuk menurunkan berat badan dan kebanyakan fokus pada hal-hal yang mereka konsumsi, bukan cara mereka makan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kecepatan saat makan berkaitan dengan kenaikan berat badan.
 
Laman Steptohealth menyebutkan salah satu alasan untuk temuan tersebut yakni makan secara perlahan mendorong Anda untuk merasa kenyang lebih cepat.
 
Selain itu, makan lebih lambat juga dapat meningkatkan jumlah air yang Anda minum dan perluasan perut. Ini akan memengaruhi proses biologis yang menentukan berapa banyak makanan yang dikonsumsi seseorang.

Hormon kenyang

Disebutkan dalam artikel 'Does Eating Speed Influence Your Weight?" respons dari hormon ini melaporkan rasa kenyang berjalan lambat, itulah sebabnya makan perlahan membantu mengartikan rasa kenyang di waktu yang tepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Makan terlalu cepat mencegah fungsi mekanisme biologis yang membuat Anda merasa kenyang. Kondisi ini diatur oleh sejumlah hormon terutama cholecystokinin.
 
Kecepatan Makan Pengaruhi Berat Badan?
(Steptohealth menyebutkan salah satu alasan untuk temuan tersebut yakni makan secara perlahan mendorong Anda untuk merasa kenyang lebih cepat. Foto: Pexels.com)
 
Saat Anda makan, proses yang memberi tahu otak bahwa Anda sudah kenyang dimulai. Dengan menyadari ini, Anda dapat berhenti makan makanan yang tidak dibutuhkan karena kebutuhan nutrisi sudah terpenuhi.
 
Apabila Anda merasa sering makan dengan cepat, cobalah menghindari makan dengan beberapa gangguan karena dapat mengalihkan perhatian Anda dari makanan dan mendorong Anda untuk makan lebih cepat.
 
Semua makanan yang dimakan dalam waktu kurang dari 20 menit dianggap terlalu cepat, terlepas dari apa yang Anda makan.

Ada beberapa cara untuk membantu Anda makan perlahan:

- Tempat makan harus tenang dan membuat Anda untuk makan dengan santai. Makan tanpa menonton tv atau melihat gawai karena itu dapat mengalihkan perhatian Anda dan membuat Anda makan cepat tanpa sadar.
- Anda harus mengunyah 20 hingga 25 kali per gigitan.
- Hindari menggunakan tangan, cobalah gunakan peralatan makan bahkan untuk pizza atau roti lapis.
- Makan dengan orang lain membantu Anda bersosialisasi dan makan lebih lambat.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif