ASMR yaitu sensasi seperti hangat, kesemutan, dan menyenangkan--Ilustrasi/pexels
ASMR yaitu sensasi seperti hangat, kesemutan, dan menyenangkan--Ilustrasi/pexels

Pemicu ASMR dari Fisik

Rona gaya stres
Kumara Anggita • 09 November 2019 16:07
Jakarta: ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response dipicu dari berbagai hal seperti suara, fisik, visual, situasi. ASMR biasa disebut head tingles yang kalau diartikan adalah kepala yang tergelitik atau kesemutan.
 
ASMR yaitu sensasi seperti hangat, kesemutan, dan menyenangkan yang dimulai dari puncak kepala dan akan menyebar ke seluruh tubuh disertai perasaan tenang dan rileks.
 
Suara makan menggunakan mikrofon adalah yang paling populer akhir-akhir ini. Namun bagaimana dengan ASMR yang dipicu oleh hal-hal fisik? Berikut pemicu-pemicu umum yang sering ditemui yang dilansir dari Healthline.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menyikat telinga
 
Kuas makeup adalah hal yang memberikan pengalaman ASMR yang sempurna. Baik itu kuas eyeshadow kecil atau yang ukuruan lebih besar. Suaranya di beberapa orang  bisa sangat menenangkan untuk didengarkan.
 
Bermain rambut
 
Memainkan rambut Anda dengan santai begitu terasa nyaman jadi masuk akal bahwa menonton dan mendengarkannya juga dapat memicu respons yang sama.
 
Bermain rambut ASMR melibatkan sejumlah alat, dari jari-jari sampai sisir rambut. Tentukan mana yang paling bikin Anda merasa enak.
 
Pijat
 
Menonton seseorang memijat orang lain dapat menyebabkan ASMR yang khas. Apakah itu pijat kepala yang dalam atau pijat punggung yang menggunakan minyak.
 
Apa yang dilakukannya
 
Hampir tidak ada ilmu yang mampu membuktikan bagaimana atau mengapa ASMR ada. Tetapi banyak orang menggambarkan perasaan yang muncul seperti rasa kesemutan mengalir di bagian belakang kepala dan perasaan santai dan damai.
 
Beberapa studi telah meneliti manfaat dari ASMR. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di PeerJ pada tahun 2015 menetapkan bahwa ASMR dapat menghasilkan perbaikan jangka pendek pada gejala nyeri kronis dan depresi.
 
Sebuah studi yang lebih baru, SourceTrusted mengklaim menunjukkan bahwa ada perubahan emosional yang disebabkan oleh ASMR.
 
Peserta yang mengalami ASMR menunjukkan peningkatan signifikan dalam emosi positif dan perasaan hubungan sosial. Mereka juga menunjukkan penurunan denyut jantung secara signifikan.
 
Bisakah semua orang merasakannya?
 
ASMR tidak memengaruhi semua orang. Beberapa orang bisa langsung merespons ASMR. Sementara orang lain membutuhkan waktu lebih banyak. Dan bahkan ada pula yang  tidak pernah merasakannya sama sekali.
 
Ini bisa jadi disebabkan oleh neurodiversity: fakta bahwa otak manusia dapat memiliki banyak perbedaan.
 
Itulah hal fisik yang dapat memicu ASMR dan manfaatnya. Temukanlah apa yang paling membuat Anda merasa nyaman.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif