Tips cepat hilangkan stres selain meditasi Anda bisa tertawa yang membangkitkan endorfin. (Foto: Pexels.com)
Tips cepat hilangkan stres selain meditasi Anda bisa tertawa yang membangkitkan endorfin. (Foto: Pexels.com)

Tips Relaksasi untuk Hadapi Stres dengan Cepat

Rona psikologi
Sunnaholomi Halakrispen • 17 Februari 2020 11:00
Jakarta: Bersantai. Anda pantas mendapatkannya, karena bersantai baik untuk Anda. Kegiatan ini bahkan tidak membutuhkan waktu yang lama dari yang Anda pikirkan atau bayangkan.
 
Anda tidak harus menjalani spa di akhir pekan atau tempat peristirahatan khusus. Masing-masing kiat penghilang stres ini bisa membuat Anda merasa rileks kurang dari 15 menit. Salah satunya, beristirahat selama lima menit dan fokus pada pernapasan Anda.
 
Caranya, duduk tegak, mata tertutup, dan dengan tangan di perut Anda. Tarik napas perlahan-lahan melalui hidung Anda, rasakan napas mulai di perut Anda dan teruskan ke bagian atas kepala Anda. Balikkan proses saat Anda mengeluarkan napas melalui mulut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Napas dalam melawan efek stres dengan memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah," ujar Judith Tutin, PhD, selaku psikolog. Berikut tips relaksasi lainnya seperti dilansir dari WebMD.

1. Renungkan

Beberapa menit melakukan latihan meditasi per hari dapat membantu mengurangi kecemasan. "Meditasi setiap hari dapat mengubah jalur saraf otak, membuat Anda lebih tahan terhadap stres," tutur Robbie Maller Hartman, PhD, seorang pelatih kesehatan dan kebugaran Chicago.
 
Caranya, duduk tegak dengan kedua kaki di lantai dan tutup mata. Fokuskan perhatian Anda pada pelafalan dengan suara keras untuk mengatakan mantra positif, seperti "Aku merasa damai" atau "Aku cinta diriku sendiri." 
 
Letakkan satu tangan di perut Anda untuk menyelaraskan mantra dengan napas Anda. Biarkan saja pikiran lain yang mengganggu Anda menjadi melayang seperti awan.

2. Tertawa keras

Tawa perut yang baik tidak hanya meringankan beban mental. Ini menurunkan kortisol, hormon stres tubuh Anda, juga meningkatkan bahan kimia otak yang disebut endorfin yang membantu suasana hati Anda.
 
Meringankan beban pikiran dengan tertawa keras bisa dibantu melalui media lain. Cobalah menyetel sitkom atau video favorit Anda, membaca komik, atau mengobrol dengan seseorang yang membuat Anda tersenyum.

3. Dengarkan musik

Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang menenangkan dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kecemasan. Buatlah daftar putar lagu atau suara alam (suara lautan, sungai yang bergelembung, kicau burung), dan biarkan pikiran Anda untuk fokus pada melodi, instrumen, atau penyanyi yang berbeda dalam karya itu. 

4. Bergerak

Anda tidak harus berlari untuk mendapatkan nilai tinggi sebagai pelari. Semua bentuk olahraga, termasuk yoga dan berjalan, dapat meredakan depresi dan kecemasan dengan membantu otak melepaskan zat kimia yang terasa enak.
 
Kegiatan ini juga memberi tubuh Anda kesempatan untuk berlatih mengatasi stres. Anda bisa berjalan-jalan cepat di sekitar blok, naik dan turun beberapa penerbangan, atau melakukan beberapa latihan peregangan yang sederhana.

5. Bersyukurlah

Simpan jurnal rasa terima kasih atau beberapa banyak, bisa diletakkan satu di samping tempat tidur Anda, satu di dompet Anda, dan satu di tempat kerja. Langkah ini untuk membantu Anda mengingat semua hal baik yang telah terjadi dalam hidup Anda.
 
"Bersyukur atas berkah Anda membatalkan pikiran dan kekhawatiran negatif," ucap Joni Emmerling selaku pelatih kesehatan di Greenville, NC.
 
Gunakan catatan tersebut untuk menikmati pengalaman yang baik seperti senyum seorang anak, hari yang dipenuhi sinar matahari, dan kesehatan yang baik. Jangan lupa untuk merayakan pencapaian seperti menguasai tugas baru di tempat kerja atau hobi baru.
 
Ketika Anda mulai merasa stres, luangkan beberapa menit untuk melihat catatan atau jurnal yang telah Anda buat itu. Cara ini bisa mengingatkan diri sendiri tentang apa yang sebenarnya penting untuk Anda pikirkan dibanding terus menerus merasa stres.

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif