Demi menjaga energi tubuh, diperlukan beberapa camilan yang renda karbohidrat (Foto: Pexels)
Demi menjaga energi tubuh, diperlukan beberapa camilan yang renda karbohidrat (Foto: Pexels)

Beberapa Camilan yang Rendah Karbohidrat

Rona gaya tips kesehatan
Raka Lestari • 24 Oktober 2019 06:00
Jakarta: Karbohidrat diperlukan untuk fungsi sel di setiap tingkat tubuh Anda. Tetapi terlalu banyak karbohidrat dapat membuat Anda merasa ngantuk dan cepat kembung.
 
Meskipun Anda tidak boleh memotong asupan karbohidrat sepenuhnya kecuali atas anjuran dokter, menyantap camilan rendah karbohidrat mungkin dapat membantu tingkat energi Anda.
 
Sehingga dapat memungkinkan Anda untuk mendapatkan makronutrien penting lainnya. Seperti protein dan lemak yang membantu membangun otot dan meningkatkan rasa kenyang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu apa saja camilan-camilan yang rendah karbohidrat? Berikut ini adalah beberapa alternatif pilihan camilan rendah karbohidrat:

-Raspberi

Raspberi memiliki rasa asam yang menandakan bahwa mereka tidak mengandung banyak karbohidrat. Meskipun begitu, raspberi memiliki kandungan serat tinggi.
 
Dalam artian, anda membutuhkan lebih sedikit karbohidrat, karena kandungan serat yang membuat Anda kenyang lebih lama. Selain kaya akan phytochemical, raspberry juga memiliki sifat protektif terhadap kanker tertentu.

-Brokoli

Kuntum brokoli memiliki tekstur yang sangat unik dan ada beberapa orang yang justru tidak menyukainya sama sekali. Namun sebenarnya brokoli sangat penting bagi tubuh Anda.
 
Beberapa Camilan yang Rendah Karbohidrat
 
Entah dikonsumsi dengan dicelupkan ke dalam saus atau dimakan mentah, brokoli adalah cara untuk mendapatkan sumber vitamin A dan C, folat, dan kalsium namun dengan rendah karbohidrat.

-Greek yogurt

Menurut Amy Shapiro, RD, pendiri Real Nutrition, dengan kandungan protein yang tinggi dalam setiap sajiannya dan rendah karbohidrat, maka Greek yigurt dapat membuat Anda kenyang tanpa meningkatkan gula darah Anda.
 
“Dan yang terpenting adalah Anda bisa menemukannnya dimana saja. Untuk menambahkannya dengan kayu manis demi mendapatkan antioksidan tambahan,” kata Valerie Goldberg, RD.

-Alpukat

Shapiro mengatakan bahwa setengah alpukat yang dilumuri minyak zaitun, lemon, dan garam laut adalah camilan yang mengenyangkan. Bisa dibawa atau sajikan sendiri di rumah.
 
Beberapa Camilan yang Rendah Karbohidrat
 
“Alpukat kaya akan serat dan lemak yang menyehatkan jantung. Alpukat juga memiliki kandungan gula yang rendak, dan tekstur creamy dan kandungan lemaknya bisa membuat Anda merasa kenyang tanpa karbohidrat berlebih,” katanya.
 
Selain itu Patricia Bannan, RDN, penulis Eat Right When Time is Tight, mengatakan alpukat juga mendukung kesehatan jantung dan manajemen berat badan.

-Udang

Udang sangat rendah kalori. Sehingga Anda bisa makan dalam porsi besar tanpa konsumsi karbo berlebih.
 
“Saya menyarankan untuk menyimpan udang beku di freezer untuk dikonsumsi sebagai camilan yang mudah. Cukup mencairkannya di bawah air mengalir, masak dengan cepat, dan sajikan,” kata Shapiro.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif