Ilustrasi- Pixabay
Ilustrasi- Pixabay

Tips Merawat Rambut Menggunakan Baby Oil

Rona gaya rambut sehat
Kumara Anggita • 11 November 2019 10:18
Jakarta: Tak hanya wangi dan aman, baby oil atau minyak bayi ternyata memiliki beberapa manfaat. Seperti dapat digunakan untuk rambut anak-anak maupun dewasa. Cara menggunakannya pun enggak ribet, Anda bisa lagsung menerapkan perawatannya di rumah.
 
Berikut cara menggunakan perawatan baby oil untuk rambut Anda seperti dilansir Healthline berikut ini:

Perawatan semalam

Cobalah masker rambut baby oil panas untuk rambut kering dan rusak. Anda bisa membiarkan baby oil semalaman untuk perawatan yang intensif.

Caranya?

-Tuang sekitar 2 hingga 4 sendok makan minyak bayi ke dalam mangkuk kaca.
 
-Panaskan sedikit minyak dalam microwave selama 10 hingga 15 detik saja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


-Pijat lembut baby oil ke kulit kepala Anda dengan jari-jari Anda. Mulailah dari garis rambut Anda dan lanjutkan ke belakang leher Anda.
 
-Tutupi ujung rambut dengan sisa minyak.
 
-Fokus pada area rambut yang lebih kering atau rusak.
 
-Tutupi kepala dan rambut Anda dengan handuk.
 
-Biarkan baby oil mask di rambut Anda semalaman, atau selama beberapa jam.
 
-Cuci rambut Anda dengan hati-hati dengan sampo. Pastikan semua baby oil dihilangkan.
 
-Tata rambut Anda seperti biasa.

Risiko

Seperti minyak jenis apa pun, baby oil dapat menyumbat pori-pori kulit Anda. Ini dapat mengiritasi kulit kepala Anda. Cara tersebut juga dapat menyebabkan jerawat jika minyak mencapai garis rambut atau dahi Anda. Menggunakan terlalu banyak baby oil juga bisa membuat rambut Anda terlihat dan terasa berminyak.
 
Cuci baby oil dari rambut Anda dengan hati-hati. Gunakan air hangat dan banyak sampo. Pijat kulit kepala dan rambut Anda dengan lembut untuk memastikan minyak bayi dibuang. Anda mungkin perlu keramas dua kali jika memiliki rambut alami berminyak.
 
Jika Anda menggunakan baby oil sebagai perawatan rambut yang bersinar, aplikasikan hanya beberapa tetes saja.

Alergi

Baby oil dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit pada beberapa orang. Lakukan uji tempel sebelum menggunakan baby oil di kulit Anda. Hal ini sangat penting jika Anda memiliki kulit sensitif.
 
Oleskan sedikit baby oil ke bagian dalam siku Anda dan biarkan selama 24 jam. Periksa apakah ada kemerahan, gatal, atau iritasi kulit.
 
Minyak bayi dapat mengiritasi mata Anda. Hindari menggunakannya pada alis dan bulu mata Anda. Cuci tangan Anda dengan hati-hati sebelum menyentuh wajah atau mata Anda.

Perawatan alternatif

Ada banyak minyak nabati alami yang telah dipelajari mampu memberikan berbagai manfaat untuk rambut. Perhatikan bahwa sebagian besar minyak alami juga diproses dan dapat menyebabkan efek samping pada kulit.
 
Coba alternatif ini untuk baby oil pada rambut dan kulit Anda. Seperti menggunakan minyak zaitun, minyak wijen, minyak jojoba, minyak kelapa, minyak alpukat.
 
Baby oil adalah minyak mineral yang terbuat dari minyak bumi. Produk ini banyak dijual dan telah diuji secara luas oleh produsen. Minyak bayi aman digunakan sesuai petunjuk untuk bayi, anak-anak, dan orang dewasa.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif