ilustrasi-Foto: istock)
ilustrasi-Foto: istock)

Jangan Lewatkan Jadwal Olahraga Anda

Rona tips berolahraga
Dhaifurrakhman Abas • 22 Juni 2019 14:16
Sebagian orang memiliki alasan tertentu sehingga tak dapat melakukan olahraga di pusat kebugaran. Sebagi gantinya, Anda dapat berolahraga di taman, rumah atau kantor.
 

Jakarta: 
Ada perasaan menggebu-gebu saat pertama kali menginjakkan kaki di pusat kebugaran. Semacam perjanjian tak tertulis terhadap diri sendiri untuk terus mengikuti latihan tanpa henti, sampai mendapatkan tubuh yang ideal. 
 
Tetapi ada berapa berapa banyak orang yang benar-benar dapat memenuhi perjanjian tersebut? Jawabannya ternyata tidak terlalu banyak. Sebagian besar bahkan memutuskan berhenti berolahraga di tengah jalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mereka beranggapan mengikuti jadwal latihan tidaklah mudah,” kata ahli kebugaran, dikutip Times of India.
 
Sebagian orang yang menghentikan jadwal olahraga beranggapan bahwa latihan itu terlalu melelahkan. Mereka terlampau sibuk hingga malas menjalani masa latihan secara terus-menerus. Sementara beberapa orang lainnya mengaku akan baik-baik saja tanpa melakukan olahraga.
 
Sayangnya absen dari olahraga bukanlah pilihan tepat. Tubuh Anda akan merasakan dampaknya bahkan ketika melewatkan olahraga lebih dari dua hari berturut-turut. 
 
Selain itu, latihan yang terlewatkan bisa memotivasi sesorang untuk benar-benar tidak melakukannya lagi di kemudian hari. Untuk itu, jika Anda tidak ingin kehilangan motivasi olahraga, Anda harus mengikuti rutinitas yang menyehatkan tersebut.
Jangan Lewatkan Jadwal Olahraga Anda
(Ilustrasi--perasaan menggebu-gebu saat pertama kali menginjakkan kaki di pusat kebugaran. Foto: Pexels.com)
 
Namun jangan risau jika Anda benar-benar tidak bisa berolahraga karena alasan penting. Anda dapat menggantinya dengan mengikuti kebiasaan sehat seperti berolahraga cepat selama 15 menit di rumah, berjalan-jalan di taman, dan menaiki tangga di kantor.
 
Anda juga bisa memulai hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat pula. Misalnya saja dengan berkata tidak untuk menambahkan gula pada setiap minuman yang dikonsumsi.
 
“Setidaknya dengan cara ini, akan mampu membantu menjaga motivasi Anda untuk tetap hidup sehat,” ujarnya.
 
Disamping olahraga rutin dan mengatur pola makan Anda juga disarankan untk mengelola stress dan menjaga pola tidur dengan baik. Sebab,  stres dan pola tidur yang berantakan bisa menyebabkan kenaikan berat badan, menurunkan kekebalan tubuh dan membuat seseorang rentan terserang penyakit.
 
Ketika diserang stres, tubuh manusia memproduksi kortisol dan merangsang pertumbuhan sel-sel lemak yang meningkatkan lemak perut. Selain itu, stres membuat pencernaan melambat melambat dan kesulitan tidur.
 
Sementara pola tidur yang buruk dapat merusak hormon seseorang. Gangguan hormon inilah yang pada akhirnyamembuat Anda merasa lapar, rewel, dan lelah sepanjang waktu.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif