Seseorang disebut berbahagia jika fungsi-fungsi psikologisnya berjalan optimal. (Foto: Gian Cescon/Unsplash.com)
Seseorang disebut berbahagia jika fungsi-fungsi psikologisnya berjalan optimal. (Foto: Gian Cescon/Unsplash.com)

Resolusi Tahun Baru Dimulai dari Dalam Diri

Rona psikologi kesehatan mental
Yatin Suleha • 01 Januari 2019 10:08
Jakarta: Setiap tahun berganti, pastinya Anda menginginkan perubahan yang lebih baik dari yang sebelumnya. Ini dikenal juga dengan istilah resolusi. 

Resolusi Anda bisa ratusan dari mulai banyak minum air putih dan mengurangi air "berwarna" seperti teh atau kopi, bangun lebih pagi setiap hari, minimal olahraga tiga kali dalam seminggu, dan deretan lainnya yang Anda tulis dalam jurnal harian.

Namun, dari ratusan resolusi apakah Anda juga ingin bahagia atau lebih bahagia lagi di tahun 2019? Jika iya Dr. Dono Baswardono, Psych, Graph, AISEC, MA, Ph.D, yang merupakan seorang psychoanalyst, graphologist, sexologist, serta marriage & family therapist menerangkan bahwa seseorang disebut berbahagia jika fungsi-fungsi psikologisnya berjalan optimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Ia mendapatkan kesejahteraan psikologis," Ucap Dr. Dono. (Baca juga: 6 Resolusi Tahun Baru untuk Menjaga Kesehatan Mental)


(Seseorang disebut berbahagia jika fungsi-fungsi psikologisnya berjalan optimal. Foto: Max Andrey/Unsplash.com)

Menurut Dr. Dono, kesejahteraan psikologis ini terbangun dari enam gatra: 

1. Ia mampu menerima dirinya sendiri. 

2. Ia memiliki otonomi dalam berpikir.

3. Ia juga merasa terus tumbuh dan berkembang sebagai seorang manusia. 

4. Dengan demikian ia mampu membangun hubungan yang berkualitas dengan orang lain. 

5. Ia mengejar tujuan-tujuan yang bermakna. 

6. Dan terakhir, ia memiliki kemampuan untuk mengendalikan lingkungan yang kompleks agar sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan pribadi dan nilai-nilai yang dianutnya.

Salah satu hal kecil atau sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai langkah kecil resolusi Anda misalnya merapikan atau membersihkan meja kerja Anda. Ini bisa jadi salah satu challenge resolution yang Anda mulai yang nantinya akan terus meningkat.

Ini bisa menjadi hal yang baik menurut Dr. Dono, karena entah itu di kantor atau di rumah-baik sebagai ibu maupun ayah atau keduanya, biarlah di tahun yang baru ini, Anda memulai pekerjaan dengan suasana baru yang lebih nyaman, lebih teratur, lebih terencana, lebih terorganisir. 

"Pelahan-lahan, isi pikiran dan hati akan turut teratur dan terorganisir. Itu kelak akan memudahkan segala hal, seperti proses mengambil keputusan," saran Dr. Dono.





(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi