Penelitian: Sikat Gigi Sebelum Tidur Tingkatkan Kinerja Anak di Sekolah

Raka Lestari 12 Juni 2018 10:12 WIB
kesehatan gigi dan mulutstudi kesehatan
Penelitian: Sikat Gigi Sebelum Tidur Tingkatkan Kinerja Anak di Sekolah
Sebuah penelitian baru menemukan bahwa membersihkan gigi sebelum tidur dapat membantu anak-anak tidur lebih baik. (Foto: Courtesy of Bernardbodo/Fotolia)
Jakarta: Anak-anak terkadang sering sekali menolak jika diajarkan untuk menggosok dan membersihkan gigi mereka sebelum tidur.

Hal itu terkadang membuat orang tua juga menyerah untuk mengajarkan kebiasaan baik tersebut dan membiarkan anak-anak mereka tertidur tanpa membersihkan gigi mereka terlebih dahulu. 

Tetapi sebaiknya Anda tidak boleh menyerah untuk mengajarkan kebiasaan baik itu kepada anak-anak Anda.


Dikutip dari Romper, sebuah penelitian baru menemukan bahwa membersihkan gigi sebelum tidur dapat membantu anak-anak tidur lebih baik, meningkatkan kinerja mereka di sekolah, dan menyiapkan mereka untuk sukses seiring dengan bertambahnya usia mereka.

Menurut penulis studi tersebut, Dr Julia Allen, seorang psikolog, "Tingkat kecemasan, kemarahan, dan kelelahan yang lebih rendah dilaporkan oleh orang tua dengan rutinitas tidur seperti membersihkan gigi yang optimal."  


(Menurut penulis studi tersebut, Dr Julia Allen, seorang psikolog, "Tingkat kecemasan, kemarahan, dan kelelahan yang lebih rendah dilaporkan oleh orang tua dengan rutinitas tidur seperti membersihkan gigi yang optimal." Foto: Edward Cisneros/Unsplash.com)

(Baca juga: Kapan Anak Boleh Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluouride?)

Para peneliti menyimpulkan bahwa anak-anak yang memiliki rutinitas tidur teratur memiliki kesejahteraan emosional yang lebih baik, tetapi mereka juga memiliki kesehatan gigi yang lebih baik, menurut The Sun.

Rutinitas tidur seperti membersihkan gigi memiliki manfaat yang penting untuk hampir semua aspek kesehatan anak, mulai dari emosional, psikologis, dan fisik.

Rutinitas harian sebelum tidur membantu anak-anak belajar bagaimana bersantai di malam hari dan mengajari mereka cara merawat tubuh mereka. Sebagian besar anak-anak dengan senang hati akan melewatkan rutinitas menyikat gigi mereka sebelum tidur jika itu bukan bagian dari rutinitas sehari-hari. 

Mengajarkan kebiasaan baik kepada anak-anak sebelum tidur juga mengembangkan kinerja yang lebih baik dalam memori, perhatian, dan fleksibilitas mental, menurut The Herald. 





(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360