Tidur menggunakan kipas angin ada efeknya. Apa saja itu? Berikut selengkapnya. (Foto: Pexels)
Tidur menggunakan kipas angin ada efeknya. Apa saja itu? Berikut selengkapnya. (Foto: Pexels)

Efek Samping Tidur Menggunakan Kipas Angin

Rona kesehatan
Raka Lestari • 29 Juni 2020 18:41
Jakarta: Kipas angin merupakan salah satu alternatif selain air conditioner (AC) agar suhu ruangan tetap sejuk. Kipas angin juga cukup sering digunakan di kamar agar bisa tetap tidur dengan suhu yang nyaman. Namun ternyata, menggunakan kipas angin ketika sedang tidur bisa memiliki efek negatif lain.
 
“Ketika Anda menggunakan kipas angin, mereka bisa menggerakkan udara kering yang ada di sekitar seperti debu dan serbuk,” ujar Dr Seema Sarin M.D., direktur pengobatan gaya hidup di EHE Health. “Kipas angin bisa menyebabkan saluran hidung dan mulut kehilangan kelembapan melalui penguapan yang terjadi, sehingga menyebabkan jadinya kering.”
 
Selain itu, terpaan udara yang ditujukan kepada tubuh secara terus menerus dapat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi lebih cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Beberapa orang terkadang tidur dengan mata yang sedikit terbuka, sehingga menggunakan kipas angin bisa membuatnya kering,” ujar Dr Sarin. “Dan jika mereka tidur dengan mulut terbuka, bisa membuat tenggorokan menjadi kering.”
 
Meskipun demikian, bukan berarti kipas angin adalah pilihan yang buruk. “Jika Anda merasa terlalu panas, maka tubuh akan mengeluarkan keringat. Itu juga bisa menyebabkan dehidrasi,” ujar Dr Sarin. Jika Anda tetap ingin menggunakan kipas angin tetapi khawatir akan mengalami dehidrasi, pastikan agar cairan tubuh tercukupi.
 
“Pastikan Anda minum cukup air selama seharian, jangan menunggu sampai Anda merasa haus,” ujar Dr Sarin. Ia juga merekomendasikan untuk sering mengonsumsi cairan, tidak hanya air putih tetapi jus buah, kaldu, teh herbal, dan susu juga merupakan pilihan yang tepat.
 
Namun jangan memilih minuman beralkohol. “Minuman beralkohol justru bisa menyebabkan dehidrasi," pungkas Dr Sarin.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif