Lima Cara Mencegah Kanker Payudara Kembali Datang

Torie Natalova 25 Oktober 2018 07:00 WIB
kanker payudara
Lima Cara Mencegah Kanker Payudara Kembali Datang
Olahraga teratur setidaknya 2,5 jam seminggu adalah gaya hidup yang paling penting untuk menghindari kanker kembali datang. (Foto: Jacob Postuma/Unsplash.com)
Jakarta: Para peneliti dan profesional semakin dapat memahami bagaimana kanker payudara dapat kambuh kembali. Ketika kanker utama diobati, apa yang disebut sel benih dapat bermigrasi keluar dari payudara ke bagian lain dari tubuh.

Dimanapun benih tersebut berakhir, sel-sel kanker dapat terbengkalai bahkan hingga bertahun-tahun sebelum akhirnya memicu penyakit baru yang lebih agresif.

Menurut ahli, perubahan gaya hidup dan perilaku dapat menurunkan risiko kanker kembali kambuh. Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan penyintas kanker untuk mencegah kanker payudara datang kembali menurut beberapa penelitian para ahli.


1. Gerakkan tubuh
Olahraga teratur setidaknya 2,5 jam seminggu adalah gaya hidup yang paling penting untuk menghindari kanker kembali datang. Olahraga dapat menurunkan peradangan dan tingkat hormon yang terkait dengan kekambuhan.
 
(Baca juga: Deteksi Dini Kanker Payudara, Kapan Baiknya Lakukan SADARI?)


(Sebuah penelitian di Jepang menemukan penurunan signifikan yakni sebesar 31 persen dalam risiko kanker payudara kembali datang di kalangan wanita peminum teh hijau. Foto: Oriento/Unsplash.com)

2. Jaga berat badan
Menghindari kenaikan berat badan dan menjalani diet sehat selama dan setelah perawatan kanker payudara, dapat memberikan beberapa perlindungan. Wanita yang mengalami obesitas memiliki risiko kekambuhan lebih tinggi dibanding mereka yang menjaga berat badan tetap sehat.

3. Minum obat yang diresepkan
Minum obat-obatan yang sudah diresepkan sebelumnya sangat penting untuk menjaga kanker kembali datang. Beberapa penelitian telah menunjukkan agen antiestrogen dan aromatase inhibitor dapat memblokir kanker payudara kambuh.

4. Perbanyak vitamin C dan D
Mengonsumsi suplemen vitamin C dapat mengurangi tingkat kematian akibat kanker payudara. Kadar vitamin D yang rendah juga dikaitkan dengan hasil kanker yang lebih buruk.

5. Minum teh hijau
Sebuah penelitian di Jepang menemukan penurunan signifikan yakni sebesar 31 persen dalam risiko kanker payudara kembali datang di kalangan wanita peminum teh hijau. Namun, penelitian ini belum sepenuhnya lengkap apakah benar sering minum teh hijau dapat melindungi dari kanker payudara.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id