Tidur telanjang mungkin merupakan perubahan yang baik karena bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan Anda secara keseluruhan. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)
Tidur telanjang mungkin merupakan perubahan yang baik karena bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan Anda secara keseluruhan. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)

Lima Manfaat Tidur Telanjang bagi Pria dan Wanita

Rona tidur
Sunnaholomi Halakrispen • 16 Juni 2019 19:05
Tidur bukan hanya sekadar memejamkan mata. Tapi juga melihat bagaimana dan apa yang kita persiapkan sebelum tidur. Salah satunya tanpa menggunakan pakaian dalam atau bahkan telanjang.
 
Jakarta
: Tidur telanjang mungkin hal pertama yang Anda pikirkan untuk memperbaiki kesehatan. Tetapi memang benar. Bahkan, ada beberapa manfaat yang mungkin terlalu baik untuk diabaikan.

1. Tidur malam lebih cepat

Menurut National Sleep Foundation, suhu tubuh Anda merupakan salah satu kunci bagaimana Anda tertidur. Ini sebenarnya bagian dari ritme sirkadian atau perputaran waktu selama 24 jam Anda, ritme biologis yang bertindak sebagai jam tubuh Anda untuk tidur.
 
Pendinginan memberi tahu tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur. Jadi pengaruh tidur telanjang dan membiarkan suhu tubuh Anda turun, sebenarnya dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

2. Kualitas tidur yang lebih baik

Selain pendinginan yang membantu Anda tertidur lebih cepat, juga meningkatkan kualitas tidur Anda secara keseluruhan. Para ahli menyarankan bahwa suhu ideal untuk kamar tidur Anda adalah antara 15 hingga 19 derajat celcius.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidur telanjang akan membuat penurunan suhu tubuh dan memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Aliran darah yang tersumbat saat tidur disebabkan oleh berbagai hal seperti tekanan, gesekan, posisi yang salah, dan pakaian yang Anda kenakan.
 
Oleh sebab itu, perbaiki aliran darah Anda saat tidur salah satunya dengan tidur tanpa pakaian dalam. Tubuh menjadi lebih rileks dan menjadi sehat. Dengan kualitas tidur yang lebih baik Anda dapat merasakan tubuh Anda lebih segar saat bangun tidur dan juga dapat membuat Anda lebih muda.  
 
Jika terlalu dingin atau terlalu panas, berisiko memengaruhi mata yang tertidur lebih cepat. Hal ini merupakan tahap mimpi tidur yang membantu menyegarkan otak dan tubuh Anda. Tidur telanjang diyakini sebagai salah satu cara untuk tidur tetap tenang meski di balik selimut.

3. Menjaga kulit tetap sehat

Selain dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda secara keseluruhan, tidur dalam keadaan telanjang juga dapat memperbaiki kulit Anda. Satu studi kecil melihat apakah tidur yang buruk membatasi kemampuan kulit untuk sembuh dari luka kecil.
 
Peneliti membagi peserta menjadi tiga kelompok, yakni yang menerima tidur cukup, yang kurang tidur, dan yang kurang tidur, tetapi menerima nutrisi tambahan. Peneliti menemukan bahwa kelompok yang tidur dengan baik pulih lebih cepat dari pada dua kelompok lainnya.
 
Nutrisi tambahannya bahkan tidak membuat perbedaan yang signifikan dalam seberapa cepat luka sembuh. Hal ini menunjukkan bahwa cukup tidur dapat membantu kulit Anda pulih dan tetap sehat dan jika tidur telanjang membantunya lebih baik.

4. Mengurangi stres dan kecemasan

Alasan lain tidur telanjang mungkin merupakan perubahan yang baik karena bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan Anda secara keseluruhan. Bukan rahasia lagi bahwa kurang tidur memiliki dampak besar pada tingkat stres Anda.
 
Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan depresi dan bahkan meningkatkan risiko bunuh diri. Meskipun stres dan kecemasan dapat menyebabkan insomnia, penting untuk diingat bahwa meningkatkan kualitas tidur Anda sangat dapat membantu.

5. Mencegah penambahan berat badan

Jika Anda mengalami masalah tidur, bisa mendatangkan malapetaka dalam hidup Anda pada banyak hal. Sebuah studi mengikuti lebih dari 21.000 orang selama tiga tahun dan menemukan kemungkinan hubungan antara kurang tidur dan penambahan berat badan.
 
Individu yang tidur sama dengan atau kurang dari 5 jam per malam lebih mungkin untuk bertambah berat badannya. Cara lain, tidur telanjang dapat membantu Anda lebih langsing. Penjelasannya, menjaga tubuh Anda lebih dingin pada malam hari dapat membantu meningkatkan kemampuan pembakaran kalori Anda.
 
Bahkan jika Anda tidak nyaman tidur sepenuhnya telanjang, cobalah mengurangi jumlah lapisan yang Anda kenakan pada malam hari. Bisa juga dengan hanya membuang bra atau pakaian dalam Anda. Ini cara mudah untuk mendapatkan beragam manfaat di atas.
 
Cara Sehat, Mudah dan Nyaman Mengontrol Berat Badan

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif