Ilustrasi- Pexels
Ilustrasi- Pexels

Cara Mudah Mengatasi Asthenopia akibat Penggunaan Komputer

Rona gaya kesehatan mata
Kumara Anggita • 04 November 2019 14:42
Jakarta: Saat ini semua orang menatap layar bercahaya dalam waktu yang lama. Khususnya mereka yang bekerja di depan komputer. Hal ini dapat membuat mata menjadi lelah atau Asthenopia.
 
Walau terdengar sepele, mata lelah bila dibiarkan akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan memengaruhi produktivitas Anda. Kabar baiknya, ini bisa dengan mudah diatasi dengan melakukan perubahan kebiasaan.
 
“Asthenopia (mata lelah) menyebabkan daya tahan terhadap pekerjaannya jadi berkurang, artinya kalau lelah produktivitas menurun,” Ahli Bedah dan Reaktif Mata dari RSCM Kirana, Dokter Tri Rahayu di Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penelitian Signify (Philips) menunjukkan bahwa 74 persen masyarakat Indonesia menghabiskan lebih dari delapan jam sehari di area dengan pencahayaan buatan. Bahkan jumlah yang lebih tingg sekira
 
Sementara sekitar 80 persen bahkan menyetujui bahwa, pencahayaan buruk dalam ruangan dapat memengaruhi mata mereka. Setengah dari konsumen Indonesia mengakui mengalami mata lelah dan hampir setengahnya mengalami penglihatan kabur.
 
Bila Anda tidak mau produktivitas menurun, maka Anda bisa melakukan beberapa hal antara lain:
-Kelainan refraksi perlu dikoreksi dengan power dan model kacamata yang tepat.
-Istirahat berkala saat menggunakan komputer (“20-20-20 rule”)
-Tempatkan sumber cahaya jauh dari layar komputer
-Berikan tirai pada jendela atau memberikan dilter anti-silau (anti-glare-filters) pada layar komputer.
 
Cara agar pakai komputer terasa nyaman
-Posisi monitor komputer ditempatkan sedemikian rupa, sehingga pekerja mencapai posisi ergonomis yang baik. Disarankan jarak layar dengan mata minimal 50 cm, dengan letak bagian tengah layar 10-20 derajat (atau 5-6 inci) di bawah garis pandang mata.
 
-Atur layar komputer manual untuk kenyamanan
 
-Postur tubuh baik untuk menghindari nyeri otot leher, punggung, bahu , dan kepala.
 
-Bila mata terasa iritasi, kemungkinan terdapat mata kering (dry eyes syndrome), dapat dilakukan lubrikasi mata obat tetes air mata buatan (artificial tears).
 
Terapkanlah cara ini saat menggunakan komputer, agar mata Anda dari sekarang tidak mudah lelah. Mata dalam keadaan optimal bisa menjadi salah satu faktor pendorong produktivitas kerja Anda. Dengan seperti itu, sumber daya manusia bisa jadi lebih berkualitas.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif