Hindari Serangan Migrain Berulang dengan Cara Ini

Torie Natalova 28 November 2018 12:34 WIB
migrain
Hindari Serangan Migrain Berulang dengan Cara Ini
Salah satu penyebab migrain yang paling bisa dihindari adalah dehidrasi. (Foto: Hermes Rivera/Unsplash.com)
Jakarta: Migrain adalah salah satu penyakit kepala yang paling banyak diderita wanita. Gejala migrain dapat berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada tingkat keparahan dan gejalanya.

Jika Anda sering menderita migrain atau lebih teratur, mengingat apa yang dapat memicu migrain adalah cara efektif untuk menghindari migrain.

Saat Anda terkena serangan migrain, ada lima tips berikut untuk membantu mengurangi rasa sakit yang menganggu.


1. Rehidrasi
Salah satu penyebab migrain yang paling bisa dihindari adalah dehidrasi. Jika mengalami dehidrasi, volume darah turun yang pada gilirannya akan menurunkan aliran darah dan oksigen ke otak. Duduk sejenak lalu terus minum air untuk rehidrasi otak Anda serta menghindari kemungkinan muntah.


(Salah satu penyebab migrain yang paling bisa dihindari adalah dehidrasi. Foto: Anh Nguyen/Unsplash.com)

(Baca juga: Tanda Sakit Kepala Karena Migrain)

2. Gelapkan ruangan
Cahaya bisa menyakitkan sekaligus melemahkan penderita migrain. Ketika migrain menyerang, masuk ke ruang yang gelap dan istirahatlah. Santai sejenak dapat bantu ketegangan di kepala menjadi lebih tenang. 

3. Kompres panas dan dingin
Untuk beberapa orang, mengompreskan air dingin dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan yang sebabkan sakit kepala berdenyut.

Di sisi lain, dingin cenderung mengencangkan otot yang mencubit saraf dan memperbesar pembuluh darah sehingga kompres hangat lebih disukai untuk melemaskan otot.

Letakkan kompres handuk panas atau es batu di dahi, pelipis atau bagian belakang leher untuk mengurangi tekanan dan relaks otot. Sebagai alternatif, Anda dapat coba mengganti suhu dari panas ke dingin atau letakkan kaki di air hangat.

4. Cari bantuan medis
Ketika mengalami migrain akut, perhatikan tanda-tanda Anda butuh bantuan medis segera. Jika Anda alami sakit kepala yang tiba-tiba parah, kurang kesadaran, muntah, tubuh lemah atau migrain kambuh lebih dari tiga kali seminggu, penting untuk cari bantuan medis karena bisa jadi pertanda hal yang lebih parah.

5. Ubah gaya hidup Anda
Perubahan gaya hidup dapat mencegah migrain. Hindari makanan pemicu migrain seperti cokelat, kopi dan MSG serta perbanyak waktu tidur, dapat membantu mencegah serangan migrain.






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id