Olahraga Singkat Dapat Meningkatkan Keterampilan Motorik
Sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga selama 15 menit dapat memaksimalkan otak untuk menguasai keterampilan motorik baru. (Foto: Paul Green/Unsplash.com)
Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga selama 15 menit dapat memaksimalkan otak untuk menguasai keterampilan motorik baru. 

Lebih spesifik, olahraga kardiovaskular selama minimal 15 menit dapat meningkatkan konektivitas dan efisiensi otak.

Setelah membuktikan bahwa olahraga membantu mengonsolidasikan otot atau memori motorik, para peneliti mencari tahu apa yang terjadi di otak ketika pikiran dan otot berinteraksi dan apa yang membantu tubuh memertahankan keterampilan motorik.


Para peneliti meminta partisipan untuk melakukan dua tugas yang berbeda. Pertama, dikenal sebagai 'tugas mencubit' yang mirip seperti permainan video game yang berkenaan dengan latihan otot.
 
(Baca juga: Berapa Banyak Olahraga yang Perlu Dilakukan dalam Seminggu?)


(Olahraga kardiovaskular selama minimal 15 menit dapat meningkatkan konektivitas dan efisiensi otak. Foto: Autum Goodman/Unsplash.com)

Tugas itu dipilih karena melibatkan partisipan dalam pembelajaran motorik di mana pemain berusaha untuk memodulasi kekuatan dengan mencengkeram dinamometer untuk menggerakkan kursor di sekitar layar. Setelah itu, mereka diminta berolahraga selama 15 menit atau istirahat.

Partisipan kemudian diminta untuk mengulang versi singkat dari tugas ini, yang dikenal sebagai tugas pegangan tangan, dengan interval 30, 60, 90 menit, setelah latihan atau istirahat, sementara para peneliti menilai tingkat aktivitas otak mereka.

Tugas ini meminta peserta yang hanya berulang kali memegang dinamometer selama beberapa detik dengan tingkat kekuatan yang sama dengan yang digunakan untuk mencapai target dalam 'tugas mencubit' tadi.

"Mereka yang telah berlatih secara konsisten mampu mengulangi 'tugas mencubit' menghubungkan area otak yang berbeda secara lebih efisien dan dengan lebih sedikit aktivitas otak daripada mereka yang tidak berolahraga," demikian kesimpulan dari penelitian yang dipimpin oleh Marc Roig tersebut. 






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id