Ilustrasi--(Foto: Pexels.com)
Ilustrasi--(Foto: Pexels.com)

Cara Terbaik Menenangkan Bayi yang Menangis

Rona bayi
Timi Trieska Dara • 10 Oktober 2019 11:06
Jakarta: Terkadang kita dibuat bingung saat bayi menangis terus menerus. Mungkin saja bayi Anda tengah mengalami kolik (sebuah kondisi yang membuat bayi terus-terusan menangis tanpa ada penyebabnya).
 
Berikut gejala kolik dan cara meredakan tangisan bayi, seperti dikutip perents:
 
Temukan Tanda Kolik

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika bayi Anda yang baru lahir rewel dan menangis selama berjam-jam, maka mungkin saja bayi Anda menderita sakit perut; hingga 26 persen bayi mendapatkan diagnosis ini. Kolik biasanya dimulai pada 2 minggu, puncak pada 6 minggu, dan hilang pada 16 minggu.
 
Kolik biasanya didefinisikan sebagai tangisan yang tidak dapat dijelaskan selama lebih dari 3 jam sehari, setidaknya 3 hari seminggu, selama 3 minggu atau lebih. Tetapi ini hanya aturan praktis.
 
Meskipun benar bahwa semua bayi menangis. Sebab bayi menangis dapat terjadi kapan saja. Ada beberapa trik untuk menenangkan bayi yang menangis.
 
Bagaimana mendiamkan bayi?
 
Banyak orang tua menganggap bahwa bayi mereka yang kolik menangis karena kesakitan. Tetapi beberapa ahli, termasuk dokter anak Harvey Karp, MD, penulis buku dan DVD The Happiest Baby on the Block, percaya sebagian besar mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim.
 
Semua cahaya, warna, tekstur, dan suara mengecewakan beberapa bayi yang baru lahir. Juga, sensasi baru seperti kelaparan dan gas bisa membuat mereka takut. Dr. Karp berpikir bahwa menciptakan kembali pengalaman dalam rahim dapat menenangkan sebanyak 90 persen bayi rewel.
 
5 Cara Menenangkan Bayi:
 
1. Membedong 
 
Bahkan jika Anda merasa seolah-olah Anda meletakkan bayi Anda di jaket lurus, kepompong yang nyaman itu akan mencegah anggota tubuhnya berkedut dan membantunya tertidur. 
 

2. Berbaring di samping bayi
 
Bayi Anda menghabiskan sebagian besar waktunya di sisinya dalam posisi janin. Bawa dia dengan cara yang sama sekarang, dan gunakan pegangan sepak bola saat Anda merawat (pegang dia dengan satu tangan, tangan Anda menopang kepala dan kakinya di bawah ketiak Anda).
 
3. Suara shush...
 
Suara "shhh" menenangkan bagi karena itu meniru suara mendesing yang mengelilinginya di dalam rahim. Buat suara sendiri atau gunakan radio yang disetel ke statis, aplikasi iPhone (coba White Noise atau Ambiance 2.0), atau CD white noise. Pastikan suaranya lebih keras dari tangisan bayi Anda; dia tidak akan mendengarnya sebaliknya.
 
4. Mengayun Cepat
 
Gerakan berirama seperti mengayunkan, menggetarkan, atau bergoyang mungkin mengingatkan teriakan kecil Anda tentang hari-hari tanpa beban yang dihabiskannya untuk memantul di dalam diri Anda. Semakin gelisah bayi Anda, semakin kuat gerakannya.
 
5. Mengisap Untuk bayi
 
Mengisap jari atau dot dapat menjadi seperti berbaring di pantai yang hangat bagi kita: relaksasi total. Ini bekerja paling baik setelah Anda menenangkannya dengan 4 cara lainnya tadi.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif